Mengenal Teknologi Epoxy Coating dalam Dunia Konstruksi
ilustrasi teknologi epoxy coating
Teknologi epoxy coating

Mengenal Teknologi Epoxy Coating dalam Dunia Konstruksi

Apa itu epoxy coating? Bagi Anda yang bekerja di konstruksi bangunan atau sebagai kontraktor tentu tidak asing lagi dengan epoxy coating. Sebelum lanjut lebih dalam membahas tentang epoxy coating alangkah lebih baik jika mengetahui apa itu epoxy? 

Epoxy merupakan cat dengan dua komponen penyusun yaitu resin dan polymed. Resin berfungsi sebagai basenya dan polymed berfungsi sebagai pengerasnya. Ada beberapa keuntungan yang diperoleh jika menggunakan epoxy sebagai pelapis permukaan lantai, dinding maupun plafon seperti lantai menjadi lebih bersih dan mengkilap, sambungan nat pasti tidak ada, serta membuat lantai, dinding maupun plafon menjadi lebih kokoh dan juga tahan terhadap kimia. Selanjutnya apa itu epoxy coating?

Definisi Epoxy Coating

Epoxy coating baik produsen maupun konsumen lebih mengenal dengan sebutan cat epoxy. Cat ini merupakan pelapis yang biasanya digunakan untuk melapisi lantai, dinding maupun plafon. Lapisan epoxy coating dapat disesuaikan dengan warna idaman dengan cara menggunakan resin berwarna sesuai dengan warna diinginkan.

Penggunaan epoxy coating untuk melapisi lantai, dinding maupun plafon dapat melindungi beton dari abrasi dan bahan kimia. Namun tingkat kekuatan dari epoxy coating bergantung pada kualitas dan kandungan dari padatan yang terdapat pada epoxy. Sedangkan mudah dan susahnya pengaplikasian epoxy coating sangat bergantung pada jumlah padatan yang diberikan. Sebagai contoh:

  • Jika persentase epoxy padatan atau solids epoxy sebanyak 70% maka hasil akhir ketika lapisan lantai sudah mengering maka hasil yang diperoleh 70%.
  • Jika persentase epoxy padatan atau solids epoxy sebanyak 50%, kemudian diaplikasikan ke dinding maka hasil akhir ketika mongering adalah 50%.
  • Jika persentase epoxy padatan atau solids epoxy sebanyak 70%, kemudian diaplikasikan ke plafon setelah mongering hasil yang diperoleh 70%.

Sehingga dapat disimpulkan jumlah atau volume dari epoxy padatan atau solids padatan sesuai dengan hasil akhir yang diperoleh. Selain itu ada juga jenis epoxy coating yang sangat bergantung pada pengisi atau filler yaitu pelarutnya seperti air atau solvents. Hal ini berpengaruh pada tingkat ketebalan lapisan ketika sudah mongering. Sebagai contoh:

Jika persentase epoxy kepadatan adalah 100% dan diaplikasikan dengan roller ketika masih basah mempunyai ketebalan 10 mil, maka ketika kering ketebalan tetap 10 mil. Sedangkan jika persentase epoxy kepadatan hanya 50% dan diaplikasikan dengan roller maka tingkat ketebalan ketika kering kurang dari ketebalan disaat masih basah.

Informasi yang tidak kalah penting dimana semakin tebal atau semakin banyak tingkat persentase epoxy kepadatan maka pengaplikasian akan semakin sulit. Hal ini disebabkan karena tingkat kekentalan atau viskositas dengan jumlah epoxy kepadatan banyak lebih tinggi dibanding dengan jumlah epoxy kepadatan yang sedikit. Demikian itu adalah informasi tentang epoxy coating. Sehingga sekarang Anda telah mengetahui apa itu epoxy coating. Semoga bermanfaat.

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.