Mengenal Tentang Marketplace dan Tips Berbelanja Online
Apa itu marketplace
Tips belanja online di marketplace

Mengenal Tentang Marketplace dan Tips Berbelanja Online

Pertumbuhan perdagangan online di Indonesia mengalami percepatan dalam lima tahun terakhir. Berdasarkan data yang dirilis katadata tahun 2018 total transaksi perdagangan online mencapai 144,1 triliun rupiah. Jika kita mengamati saat ini ada perubahan model belanja masyarakat terutama didaerah perkotaan yang lebih banyak bertransaksi secara online.

Pertumbuhan transaksi perdagangan online juga didukung dengan peningkatan jumlah marketplace atau situs perantara jual beli antara pedagang dan pembeli didunia online. Saat ini di Indonesia terdapat beberapa marketplace yang sedang naik daun, baik yang berasal dari Indonesia maupun luar negri seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, JD.iD, Blibli, Lazada dan masih ada beberapa marketplace lainnya.

Beragam keuntungan ditawarkan setiap marketplace kepada konsumen. Mulai dari gratis ongkos kirim, belanja dengan harga yang jauh lebih murah, dan beragam hadiah pun turut ditawarkan. Langkah ini ditempuh oleh marketplace untuk memperbesar transaksi ditempat mereka. Jika kita perhatikan langkah-langkah promosi yang dilakukan tiap-tiap marketplace hampir mirip.

Lantas apa saja keuntungan bagi kita ketika berbelanja online di marketplace:

Mudah Untuk Membandingkan Harga

Salah satu keuntungan ketika berbelanja di marketplace adalah kita dapat membandingkan harga dari beberapa penjual dengan produk yang sama. Jika berbelanja dipusat perbelanjaan tentu kita harus berkeliling terlebih dahulu untuk bisa membandingkan harga antara satu toko dengan toko lainnya. Hal inilah yang tidak terjadi ketika kita berbelanja dimarketplace. Kita tinggal duduk manis memilih dan membandingkan melalui smartphone atau laptop untuk produk yang ingin kita beli.

Transaksi Lebih Aman

Dengan adanya rekening dari pihak marketplace memberikan keamanan pada transaksi pemebelian produk. Anda tidak akan ditipu dengan cara barang tidak dikirimkan walaupun uang yang dibayarkan sudah ditransfer. Memang anda bisa berbelanja online melalui website atau IG, namun terkadang banyak juga orang-orang yang ingin berbuat jahat dengan melakukan penipuan dengan motif seperti kasus diatas.

Tidak Perlu Repot

Duduk manis memilih produk yang akan dibeli, transfer pembayaran lalu menunggu barang datang. Seperti itulah gambaran seseorang yang berbelanja online dimarketplace. Tidak perlu repot keluar rumah, bermacet-macetan, naik angkot, naik ojek. Semua dibuat lebih simple dan untuk ukuran yang diperlukan biasanya si penjual sudah menuliskan dalam iklannya sehingga memperkecil resiko salah ukuran.

Banyak Promo

Belanja Rp. 1 , itulah salah satu promosi yang dilakukan salah satu marketplace. Ya memang saat ini marketplace sedang gencar-gencarnya melakukan promosi untuk menjaring orang agar berbelanja dimarketplace. Selain promo diatas ada beberapa marketplace yang memberikan gratis ongkos kirim untuk belanja dengan nilai tertentu. Hal yang menarik bukan

Dengan beberapa keuntungan diatas tentu menjadikan berbelanja dimarketplace lebih menguntungkan untuk saat ini. Namun anda sebagai pembeli juga perlu memperhatikan beberapa hal saat berbelanja. Berikut kami sampaikan beberapa tips berbelanja dimarketplace.

Chat Penjual Sebelum Bertransaksi

Jika anda tertarik dengan salah satu produk dimarketplace. Pastikan anda menghubungi penjual untuk menanyakan ketersediaan stok maupun ukurannya. Hal ini menjadi penting agar tidak terjadi anda sudah melakukan pembayaran namun ternyata barangnya sedang kosong.

Pilih Toko Dengan Reputasi Baik

Reputasi toko online juga penting untuk anda perhatikan sebelum memutuskan berbelanja. Toko dengan reputasi baik biasanya pengirimannya cepat, stok selalu tersedia, dan yang terpenting barang sesuai dengan yang diiklankan.

Bandingkan Harga

Tidak ada salahnya anda menyisihkan waktu untuk membandingkan harga untuk produk-produk sejenis. Hal ini tentu akan menjadikan anda mendapat harga yang lebih murah untuk produk yang sama. Tentu prinsip ekonomi tetap berlaku dalam kondisi belanja online.

Tuliskan Pesanan Sesuai Keinginan Anda

Jika sudah mendapat produk dan harga yang cocok. Maka anda harus menuliskan pesanan yang sesuai dengan keinginan anda. memang ada beberapa penjual yang mau menukar barang yang sudah dikirim, namun jika kesalahan datangnya dari anda biasanya mereka akan mengenakan biaya untuk pengiriman dan pengembalian barang. Jadi pastikan pesanan anda sudah sesuai.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.