Mengenal Tren Influencer Marketing di Indonesia
Share:
zaman influencer marketing

Mengenal Tren Influencer Marketing di Indonesia

Benarkah Influencer Marketing merupakan masa depan dari marketing dan merupakan hal tepat bagi bisnis Anda?

Influencer Marketing ialah melakukan kerjasama bisnis dengan sosok yang menjadi idola publik, dengan ciri memiliki jumlah pengikut yang banyak terutama di dunia maya (biasa disebut sebagai selebgram atau youtuber). Dengan teknik yang tepat, metode pemasaran menggunakan seorang influencer dapat 100% efektif.

Lalu apa perbedaan influencer marketing dengan digital marketing pada umumnya? Jika dalam digital marketing biasanya kita fokus pada siapa target market, maka model influencer ini lebih fokus pada orang-orang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat khususnya melalui media sosial. Ingin tahu lebih lanjut tentang bahasan influencer ini, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Statistik dan Fakta tentang Influencer Marketing

Jika Anda masih belum yakin akan efektivitas dari hasil pemasaran melalui Influencer, maka simak data mengejutkan di bawah ini :

  • 69% pemasar menganggap bahwa Influencer Marketing merupakan hal yang efektif.
  • 93% Professional menyebutkan bahwa Influencer Marketing efektif untuk meningkatkan Brand Awareness.
  • 73% mengatakan bahwa Influencer Marketing efektif untuk meningkatkan jumlah Leads.
  • 76% menyebutkan bahwa Influencer Marketing efektif untuk memperoleh loyalitas dari konsumen.
  • Top 5 dari influencer bagi millenial adalah bintang YouTube.
  • 79% dari para Ibu yang merupakan Blogger memperoleh penghasilan iklan dari me-monetize blog mereka.

Top 5 Media Sosial yang Paling Menghasilkan bagi Influencer Marketing

Dari beragam platform media sosial, di bawah ini merupakan 5 media sosial teratas yang paling sesuai untuk Influencer Marketing, yaitu :

  1. Instagram
  2. Youtube
  3. Snapchat
  4. Pinterest
  5. Twitter

Top 5 Influencer Engagement Platforms

  1. Markerly.com
  2. FindYourInfluence.com
  3. Instabrand.com
  4. Traackr.com
  5. Tapinfluence.com

Top 3 Influencer Analytis Platform

  1. Zoomph.com
  2. Klear.com
  3. Hyprbrands.com

Alasan Anda Harus Melakukan Influencer Marketing

Influencer Marketing lebih dekat dan dikenal oleh pangsa pasar Anda, dan mereka bisa menjadi sosok yang tepat untuk memperkenalkan produk Anda dengan jangkauan yang lebih luas, dan terkhusus pada target pemirsa Anda. Berikut ini merupakan Alasan yang akan membuat Anda segera ingin melakukan aktivitas Influencer Marketing :

  • Influencer Marketing lebih otentik daripada Iklan.
  • Lebih efektif secara biaya daripada channel pemasaran lainnya.
  • Hal termudah untuk membangun kepercayaan pelanggan.
  • Menyediakan akses untuk pemirsa yang lebih besar.
  • Cara untuk menciptakan real-time engagement.
  • Bisa secara efektif memenangkan pangsa pasar baru.
  • Cara ini bisa menjadikan konten memiliki tingkat share yang tinggi untuk hasil yang luar biasa.

Kegagalan Dalam Influencer Marketing

Influencer Marketing yang Anda jalankan bisa saja gagal, sehingga perlu Anda cermati lebih lanjut lagi mengenai faktor yang akan membuat aktivitas pemasaran ini gagal, yaitu jika :

  • Anda tidak memiliki tujuan. Pertimbangkan dengan baik dan tuliskan tujuan Anda sesungguhnya, dan urgensi penggunaan Influencer Marketing.
  • Anda tidak melakukan riset untuk mengenal siapa pemirsa atau target market Anda. Dengan mengetahui pemirsa yang tepat untuk produk yang Anda tawarkan, Anda dapat memilih influencer yang sesuai yang memang pengikutnya terdiri dari target market Anda.
  • Anda tidak memilih influencer yang tepat. Pemilihan influencer sangat mempengaruhi hasil kampanye Anda, sehingga pilih dengan teliti influencer yang akan digunakan.
  • Anda tidak mendokumentasikan kampanye Anda.
  • Anda mengharapkan hasil instan.
  • Anda hanya melakukannya hanya jika membutuhkan.
  • Anda fokus pada Influencer dibanding engagement.
  • Kampanye Anda kurang memiliki engagement.

5 Tantangan Utama dalam Influencer Marketing

Dalam melakukan aktivitas ini, terdapat 5 jenis tantangan utama yang perlu Anda hadapi dan tanggulangi untuk mendapatkan hasil yang Anda harapkan, yaitu :

  • Mengidentifikasi influencer yang tepat (75%)
  • Mencari taktik yang tepat untuk tingkatkan engagement (69%)
  • Melakukan pengukuran pada kinerja kampanye (53%)
  • Menjaga aktivitas influencer tetap sesuai pada track (32%)
  • Mencari anggaran untuk kampanye (26%)

Pertanyaan yang Perlu Anda Jawab

Sebelum memulai aktivitas Influencer Marketing ini, sebaiknya Anda menjawab 3 pertanyaan di bawah ini :

  1. Siapa yang sedang saya coba untuk pengaruhi?
  2. Mengapa target pemirsa percaya?
  3. Konten apakah yang terbaik sesuai dengan influecer dan target pemirsa?

Share:
Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Menu