5 Tips Menjaga Mesin Cuci Bukaan Depan Agar Tak Cepat Rusak
tips merawat mesin cuci bukaan depan
tips merawat mesin cuci bukaan depan

5 Tips Menjaga Mesin Cuci Bukaan Depan Agar Tak Cepat Rusak

Mesin cuci bukaan depan sama seperti model mesin cuci lainnya yang harus dirawat jika Anda ingin agar mesin cuci tersebut awet dan tidak cepat rusak. Nah, untuk menjaganya agar tidak cepat rusak ada beberapa tips yang Anda perlu terapkan.

Tips ini sebenarnya sangat simple untuk diterapkan. Akan tetapi walaupun simple, jangan pernah Anda menyepelekan cara perawatannya karena kalau dibiarkan juga berpotensi merusak mesin penggerak atau bagian dalam mesin cuci Anda.

Tips menjaga mesin cuci bukaan depan agar tidak cepat rusak yang Anda harus pahami sebagai berikut. Lets check these out!

Tips Merawat Mesin Cuci Agar Tidak Cepat Rusak

Cabut kabel mesin cuci ketika selesai digunakan

Ketika mesin cuci selesai digunakan, jangan Anda lupa untuk mematikan saklarnya supaya aliran listrik tidak terus menerus mengalir ke mesin cuci karena hal tersebut dapat menyebabkan korsleting. Terlebih jika terjadi pemadaman listrik secara tiba – tiba, maka voltase alat elektronik tersebut akan tidak stabil.

Dengan Anda mencabut kabel pada mesin cuci bukaan depan atau jenis mesin cuci yang lain, hal tersebut juga berfungsi memberikan kadar keamanan lebih serta dapat menghemat daya listrik jadi lebih baik.

Lakukan pembersihan secara menyeluruh

Kebanyakan orang lalai dengan kegiatan ini setelah selesai menggunakan mesin cuci. Padahal menjaga kebersihan mesin cuci secara menyeluruh merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Dengan Anda membilas mesin cuci menggunakan air bersih dan mengatur mode cleaning, maka Anda bisa membersihkan residu detergen atau cairan pelembut pakaian yang masih menempel di sela – sela bagian tabungnya.

Setelah itu, gunakan kain lap kering untuk digunakan mengelap di bagian dalam tabung atau bagian luar tabung. Jangan Anda lupa juga untuk membersihkan saluran pembuangan air supaya tabung mesin cuci tidak berlumut. Lebih lengkapnya, Anda dapat merujuk pada tulisan cara membersihkan mesin cuci berikut.

Lindungi panel kontrol mesin cuci dengan plastik bening

Ternyata merawat dan meminimalisir kerusakan mesin cuci perlu dilakukan. Anda hanya perlu untuk memperhatikan beberapa hal sederhana seperti menjauhkan panel control dari air. Baiknya Anda juga perlu mengusahakan supaya timer atau modul jangan sampai terkena cairan atau air karena hal ini bisa mengakibatkan korsleting terjadi pada listrik.

Gunakan mesin cuci dengan aturan kapasitas yang sesuai

Mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung memiliki takaran untuk mencuci. Baiknya Anda tidak menyalahi aturan takaran tersebut. Jika mesin cuci dipaksa melebihi kapasitasnya maka dinamonya akan bekerja jauh lebih ekstra sehingga mesin cuci akan jauh lebih cepat mengalami kerusakan serta membuat performanya semakin berkurang.

Jadi perhatikan hal ini. Jika memang diperlukan, Anda bisa timbang pakaian kotor lebih dulu sebelum dicuci. Apakah sudah sesuai kapasitas atau tidak untuk dimasukkan ke dalam mesin cuci.

Tidak menutup langsung mesin cuci yang masih basah

Baiknya ketika mesin cuci baru selesai digunakan, biarkan sampai kering dulu baru Anda menutupnya. Jangan menutup mesin cuci secara langsung ketika kondisinya masih dalam keadaan basah. Selain itu bersihkan bagian dalam mesin dengan lap yang sudah bersih dan kering untuk membuatnya awet.

Anda yang ingin mesin cuci tidak cepat rusak, itulah 5 tips menjaga mesin cuci bukaan depan yang Anda bisa terapkan. Selamat mencoba!

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.