Merancang Strategi Pemasaran yang Berorientasi Pelanggan
pemasaran berbasis pelanggan
Pemasaran berorientasi pelanggan

Merancang Strategi Pemasaran yang Berorientasi Pelanggan

Sebelum merancang sebuah strategi pemasaran kita perlu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Hal ini diperlukan sebagai acuan untuk merancang strategi pemasaran agar tujuan akhirnya tercapai dan effektif secara biaya dengan hasil yang didapatkan.

Selain kebutuhan kita juga harus mengetahui jenis pelanggan apa yang akan kita layani. Atau saat ini dikenal dengan nama segmentasi market yang tujuannya pun tidak jauh berbeda agar produk yang kita tawarkan dapat terjual dipasaran. Dalam buku “Prinsip-Prinsip Pemasaran” karya Philip Kotler ia menjelaskan mengenai strategi pemasaran yang digerakkan oleh pelanggan. Ada beberapa point yang disampaikan yakni

Memilih Pelanggan yang akan Dilayani

Seperti penjelasan diatas sebagai produsen atau penyedia jasa kita harus paham pelanggan yang akan kita layani berada pada segmen apa? Jika kita ingin memilih bermain dengan pelanggan kelas atas maka kita perlu service dan kualitas barang yang nomor wahid. Mengapa demikian? karena segment ini tidak terlalu perduli dengan harga, mereka lebih cenderung membeli barang atau jasa yang memang mereka perlukan dan secara kulitasnya sangat-sangat bagus.

Kita harus mengupayakan zerro error, karena customer disegment ini biasanya agak rewel. Namun begitu mereka sudah puas dengan produk dan layanan kita maka mereka akan selalu mengingat pengalaman yang dirasakan saat menggunakan produk kita tersebut. Perlakuan yang berbeda terhadap segment customer bukan berarti kita membeda-bedakan orang, hanya dalam menyusun sebuah strategi pemasaran yang baik perlakuan pemasaran untuk masing-masing segmen jelas berbeda.

Memilih Proposisi Nilai (Value Preposition)

Proposisi nilai sebuah perusahaan didefinisikan sebagai sejumlah keuntungan atau nilai yang dijanjikan perusahaan untuk diberikan kepada konsumen demi memuaskan kebutuhan mereka. Jika kita telaah lebih dalam mengenai proposisi nilai maka akan terbentuk suatu stigma dimasyarakat awam yang menyarankan mereka memilih prosuk kita. Tujuan lain dari Proposisi adalah menjawab pertanyaan pelanggan mengenai mengapa saya harus membeli produk ini bukan produk yang berada disebelah toko ini walaupun munngkin terdapat perbedaan harga.

Orientasi Manajemen Pemasaran

Ada empat konsep alternatif yang menjadi dasar langkah-langkah organisasi dalam merancang dan melaksanakan strategi pemasaran mereka:

Konsep Produksi

Konsep ini menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dengan harga yang terjangkau. Dalam konsep ini diperlukan seseorang yang detail memahami biaya produksi serta biaya distribusi. Biasanya dalam membuat konsep produksi dalam strategi pemasaran, akan kita rinci besarnya dana yang dikeluarkan dalam proses ini karena akan berpengaruh terhadap harga jual.

Konsep Produk

Produk yang berkualitas, innovatif dan harganya terjangkau tentu akan menjadi pilihan calon customer. Tentunya sebelum berjalannya produksi ada baiknya riset terhadap perilaku konsumen dapat dijalanankan. Agar produk yang kita pasarkan banyak diminati. Mengapa kita tidak menciptakan produk sendiri, hal ini dikarenakan dalam bagian produksi diperlukan orang-orang ahli yang bisa meramu produk tersebut dapat laku setelah masa lounching.

Konsep Penjualan

Ketika menyusun sebuah konsep penjualan kita harus bisa merumuskannya menjadi suatu konsep yang bisa membuat calon konsumen menjadi betah ditoko kita. Disamping itu kita juga perlu membuat sebuah pengalaman yang unik saat konsumen tersebut menggunakan produk kita dengan tujuan ia dapat kembali membeli melalui kita.

Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Jika kita ingin membuat konsep pemasaran dalam jangka pendek maka tugas kita adalak menggenjot penjualan agar stabil setiap harinya. Untuk jangka panjang maka kita memerlukan sebuah upaya untuk meningkatkan brand image produk kita dibanding kompetitor.

Itulah tadi cara menyusun sebuah strategi pemasaran berbasis pelanggan semoga bermanfaat.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.