Cara Mudah Belajar SEO Untuk Pemula
mudah belajar seo untuk pemula
Mudah belajar seo untuk pemula

Cara Mudah Belajar SEO Untuk Pemula

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa mempelajari ilmu tentang SEO merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Hal tersebut karena ada beberapa hal yang harus Anda kuasai untuk bisa mendapatkan keuntungan dari SEO. Bahkan, untuk  mempelajari berbagai macam hal yang berkaitan dengan SEO, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Namun, bukan tidak mungkin bagi Anda yang ingin belajar SEO ini dengan mudah. Agar bisa membantu Anda dalam mempelajari berbagai macam hal yang berkaitan dengan ilmu tersebut, di bawah ini ada tips belajar SEO untuk pemula.

Ada hal apa saja yang bisa Anda pelajari dan bisa Anda lakukan? Berikut 10 tips belajar SEO untuk pemula yang mudah untuk dipelajari.

Melakukan Pengaturan

Hal pertama kali yang harus Anda lakukan ialah dengan melakukan pengaturan. Pengaturan awal ini ialah merupakan hal yang harus Anda siapkan untuk bisa sukses. Dalam mempelajari SEO, ada beberapa hal yang harus dijadikan sebagai pondasi. Berikut beberapa alat yang harus Anda gunakan dalam mempelajari SEO.

  • Google Search Console

Alat yang satu ini akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam SEO. Google Webmaster Tool (sekarang Search Console) akan mengajak Anda untuk melihat situ yang dibuat dari mata Google. Dengan adanya toolset satu ini, akan sangat membantu untuk memberikan wawasan yang cukup tajam tentang apa yang digunakan oleh sebuah halaman.

Yang mana link yang mengarah ke suatu halaman, keyword serta beberapa aspek yang harus diperbaiki wajib Anda perhatikan dengan baik. Toolset yang satu ini juga berguna untuk membaca Panduan Webmaster Google.

  • Google Adwords

Toolset ini berfungsi karena sangat berkaitan dengan SEO dalam hal kemampuan penelitian keyword. Dengan menggunakan alat tersebut akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dicari oleh para pengguna.

  • Google Analytics

Peran dari Google Analytics ini sendiri adalah untuk melacak serta menganalisis pengunjung yang sedang berinteraksi dengan situs milik Anda. Saat menggunakan tool yang satu ini, jangan lupa untuk memperhatikan dan mempelajari fitur-fitur penting yang ditawarkan.

Melakukan Audit Situs

Jangan lupa untuk melakukan audit situs agar Anda bisa terhindar dari penalti yang dilakukan oleh Google. Ini karena Google selalu melakukan pembaharuan pengaturan (algoritma), jadi melakukan audit menjadi hal yang sangat penting untuk Anda lakukan.

Bagi Anda yang ingin melakukan audit, Anda bisa menggunakan alat Moz Site Audit Checklist. Berbagai macam fitur yang dimilikinya sangat baik untuk memeriksa berbagai macam hal yang ada di dalam konten serta aksesibilitas situs dan juga link internal.

WWW atau Tanpa WWW

Pilihlah salah satu, yakni menggunakan WWW ataupun tanpa harus WWW. Jika Anda menggunakan keduanya, hal tersebut akan membuat search engine melihatnya sebagai dua lokasi website yang terpisah. Tentu saja, ini dapat merusak peringkat serta kualitas link yang Anda miliki.

Melakukan Penelitian Keyword

Lakukanlah penelitian keyword untuk mengetahui kata apa yang sering dicari oleh para pengguna. Untuk melakukan penelitian keyword yang satu ini, Anda bisa menggunakan beberapa alat seperti:

  • Google Webmaster Tools
  • Google Trends
  • Ubersuggest
  • Google Suggest
  • Google AdWords Keyword Planner.

Navigasi dalam SEO

Navigasi ini juga menjadi bagian yang sangat penting dalam SEO. Ada dua navigasi penting di dalam SEO yang harus Anda pelajari. Yang pertama yakni navigasi untuk pengunjung. Dengan adanya navigasi ini akan sangat membantu pengunjung untuk melakukan navigasi dengan lancar serta cepat di dalam menjelajahi situs milik Anda.

Yang kedua, navigasi yang membantu mesin pencari agar lebih mudah untuk menemukan hubungan yang jelas diantara link serta halaman. Nah, oleh sebab itu sangat penting untuk memperhatikan navigasi website yang baik bagi pengujung juga robot mesin pencari.

Konten On-Page Berkualitas

Banyak hal yang harus dilakukan saat belajar SEO untuk pemula. Selain beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas, poin selanjutnya yang harus Anda perhatikan ialah membuat konten on page yang berkualitas. Ini dikarenakan algoritma Google menilai bahwa peringkat atas haruslah konten yang berkualitas dan bermanfaat. Jadi, bukan hanya dari penggunaan keyword yang harus sesuai dengan SEO.

Nilai Meta Tags

Meta tags memiliki fungsi yang sangat penting untuk meningkatkan peringkat situs. Nah, dengan menggunakan meta tags yang satu ini, setiap deskripsi haruslah berisi sekitar 160 karakter. Tak cukup sampai disitu saja, Anda juga harus mencakup frase keyword alami dari sebuah konten.

Namun, meta tags yang satu ini bisa dibilang cukup sulit untuk dicapai. Oleh karena itu, dibutuhkan pemikiran yang tepat dan perencanaan yang matang untuk bisa mempelajari meta tags. Hal inilah yang membuat penelitian keyword sangat penting untuk dilakukan dengan benar, sehingga konten dapat diterima oleh para pengunjung dan memberi manfaat yang mereka inginkan.

Memasukkan Robot.txt

Robot.txt ini merupakan salah satu file teks yang bisa Anda masukkan dalam sebuah situs. Lalu, apa kegunaan dari Robot.txt itu sendiri? Robot.txt berguna untuk memberitahu mesin pencari untuk melihat halaman mana yang kiranya diizinkan untuk bisa dikunjungi.

Meski kode yang satu ini tidak wajib untuk Anda masukkan, akan tetapi akan sangat membantu Anda apabila terdapat halaman yang tidak Anda inginkan untuk dimasuki oleh robot pencari. Dengan demikian, situs yang dimiliki tetap aman.

Namun, satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan untuk tahap ini adalah, pastikan bahwa file dari Robot.txt yang Anda miliki berada pada direktori utama dari sebuah situs serta terstruktur dengan tepat. Dengan demikian, maka Robot.txt bisa berjalan dengan tepat.

Gunakan Sitemap

Apakah sitemap memiliki peranan yang penting dalam sebuah situs? Tentu saja. Meskipun Anda memiliki situs yang sangat baik dan terstruktur, namun hal tersebut akan sia-sia jika tidak ada sitemap. Mengapa sitemap sangat penting? Sitemap berguna untuk membantu pengunjung melihat situs yang Anda miliki.

Nah, agar Anda mendapatkan jumlah maksimum dari traffic serta visibilitas, situs yang Anda miliki harus di-indeks mesin pencari serta direktori seperti halnya DMOZ. Apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka Google, Bing dan Yahoo akan mengalami kesulitan untuk menemukan halaman yang relevan dari situs yang diinginkan.

Manfaatkan Off-Page

Anda tidak hanya harus bekerja di dalam situs saja, namun wajib juga bagi Anda untuk bekerja di luar halaman dengan menggunakan off page. Bangun link lewat guest blogging, pemasaran konten, menulis blog, direktori situs dan yang lain sebagainya. Tentu saja, berbagai macam link tersebut harus Anda jejak yang membantu  mengarahkan ke situs yang Anda miliki.

Anda pun bisa melakukan off page dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, Pinterest, Twitter dan lain sebagainya untuk bisa mendapatkan traffic yang bagus. Satu hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik adalah hindari yang namanya teknik black hat SEO saat Anda melakukan off page.

Tidak ada yang sulit jika Anda mau mempelajari semua hal mendasar tentang belajar SEO untuk pemula tersebut. Satu hal yang harus Anda perhatikan pula adalah, tetap berhati-hati saat mempelajari SEO agar Anda tidak mendapatkan hukuman dari Google.

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.