Pantai Suluban Bali: Akses, Tiket, dan Aktivitas Wisata
Pantai Suluban Uluwatu

Pantai Suluban Bali: Akses, Tiket, dan Aktivitas Wisata

Jika berwisata ke Pantai Kuta, Seminyak, atau Pandawa, itu hal yang biasa. Tapi, jika And berwisata ke Pantai Suluban di Bali, itu baru tak biasa. Mengapa demikian?

Saya yakin, Anda pasti merasa asing ketika mendengar tentang ‘Pantai Suluban’. Wajar saja, pantai yang satu masih bisa disebut virgin, tidak banyak orang yang tahu, dan lokasinya cukup jauh dari spot turis di Bali.

Tapi mungkin, untuk para turis yang menyukai olahraga surfing, tidak begitu asing dengan destinasi wisata itu. Namun yang menjadi masalahnya, kebanyakan turis lokal datang tidak untuk surfing, melainkan untuk menikmati suasana. Maka tak heran jika turis luar lah yang lebih mengenal tempat ini.

Akses Menuju Pantai Suluban

Akses ke Pantai Suluban
Akses cara menuju Pantai Suluban

Pantai Suluban Bali terletak di daerah Kuta Selatan atau tepatnya berada di Uluwatu – Pecatu. Suluban terletak persis disebelah Pantai Padang Padang atau Labuan Sait, hanya terpisahkan oleh tebing yang tinggi saja.

Rute perjalanannya bisa dilewati menggunakan motor dan mobil, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju titik pantainya. Adapun rutenya secara detail, yaitu

  • Jika Anda datang dari arah Jimbaran, Anda bisa menuju ke Jl. Raya Uluwatu. Sepanjang perjalanan, Anda akan melewati GWK (Garuda Wishnu Kencana).
  • Lurus terus, ikuti jalan hingga tiba di Jl. Uluwatu – Pecatu. Tidak lama, Anda akan menemukan penunjuk arah bertulisan Labuan Sait atau Padang Padang, ikuti petunjuk arah tersebut (belok kanan).
  • Setelah masuk ke Jl. Labuan Sait, tak lama Anda akan tiba di Pantai Padang Padang/Labuan Sait. Lurus terus hingga menemukan petunjuk arah bertuliskan Single Finn.
  • Setelah tiba di Single Finn, Anda bisa memarkirkan kendaraan baik motor maupun mobil.
  • Selanjutnya, berjalan lah menuju Single Finn. Ketika tiba, terdapat dua jalan berbeda (kiri dan kanan). Jika Anda memilih jalan kanan, itu adalah jalan menuju Single Finn Bar. Jika Anda memilih jalan ke kiri, itu adalah jalan menuju Pantai Suluban.
  • Berjalan mengikuti penunjuk arah Pantai Suluban. Anda akan menyusuri anak tangga yang cukup banyak dan menyusuri beberapa toko souvenir atau restoran.
  • Ketika sudah dekat dengan titik pantai, akan ditandakan dengan adanya tangga menuju goa/caves. Pantai nya ada dibalik goa tersebut.

Pantai Suluban Uluwatu berada tepat dibelakang goa. Keberadaannya yang cukup tersembunyi membuat pantai ini tidak begitu terkenal dibandingkan dengan pantai lainnya. Namun, saya jamin Anda akan takjub pada pemandangan dan keindahannya ketika tiba di lokasi.

Harga Tiket Masuk Pantai Suluban

Untuk harga tiket masuk Pantai Suluban, Anda hanya akan dikenakan biaya retribusi berupa parkir karena memasuki kawasan wisata. Tarifnya juga normal, hanya Rp 5.000,- untuk motor dan Rp 10.000,- untuk mobil. Tapi perlu diingat, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Tenang saja, penarikan biaya retribusi itu bukan dilakukan dengan ilegal, karena memang ada loket masuknya. Anda juga akan mendapatkan kertas bukti biaya retribusi sebagai tanda bahwa penarikan biayanya adalah resmi.

Daya Tarik dan Aktivitas di Pantai Suluban

Gambar Pantai Suluban
Spot foto di Pantai Suluban

Setiap tempat wisata di Bali, pasti mempunyai daya tarik tersendiri. Misalnya: Pantai Jimbaran dengan daya tarik seafood dinner dan sunset, Pantai Melasti dengan twin cliff nya. Lalu, bagaimana dengan pantai yang satu ini? Apa daya tarik dan aktivitas yang bisa Anda lakukan disana? Saya akan bahas selengkap-lengkapnya.

1. Pemandangan yang Fantastis

Pemandangan Pantai Suluban tidak hanya bisa dinikmati ketika Anda menginjakkan kaki ke titik pantai saja, namun juga bisa menikmatinya dari atas. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, untuk menuju destinasi wisata ini, Anda harus melewati anak tangga yang lumayan banyak karena pantainya yang ada dibawah tebing.

Selama perjalanan menuju titik pantai, siap-siap, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangannya yang sangat eksotis. Ditambah, ketika tiba di pesisir, pasir putih dan air laut berwarna hijau kebiruan yang jernih akan membuat takjub. Bahkan saking jernihnya, karang-karang kecil dan bebatuan juga akan terlihat.

Lagi, karena letaknya yang ada dibawah tebing dan berada dibalik goa, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang tidak biasa. Kokohnya tebing dan goa yang terbentuk secara natural pasti menjadi daya tarik dan membuat pemandangan semakin indah.

2. Salah Satu Spot Sunset Terbaik di Uluwatu

Tempat untuk menyaksikan matahari terbenam tidak hanya di Pantai Jimbaran saja. Anda juga bisa menyaksikannya di Pantai Suluban. Bahkan, pemandangannya akan semakin lengkap karena Anda juga akan melihat para surfers yang sedang bermain.

Ada dua titik poin untuk menyakiskan sunset di Suluban, Anda bisa menyaksikannya dari atas melalui Single Finn dan menyakiskannya langsung di pesisir pantai. Single Finn adalah bar/cafe yang cukup instagrammable dan selalu ramai dengan turis luar, terdapat juga infinity pool yang bisa digunakan secara gratis (yang penting, beli minum atau makan ya!)

3. Anda Juga Bisa Berenang!

Mendekati purnama setiap bulannya, air laut di pantai ini bisa naik, bahkan bisa menggenangi jalur goa menuju pesisir. Namun, pada hari-hari biasanya, ombak dan arus tidak terlalu besar, bahkan air lautnya cukup tenang.

Tentu saja Anda bisa berenang di pesisir. Namun, hati-hati dengan bebatuan dan karang yang tajam meskipun ukurannya kecil. Perlu diketahui, pantai-pantai di sekitar Kuta Selatan (Uluwatu) memang mempunyai ciri khas air yang jernih, namun didominasi oleh batu/karang kecil.

4. Ideal untuk Surfers

Jangan heran jika banyak surfers yang datang ke pantai ini. Mereka rela berjalan menyusuri anak tangga dan goa sambil membawa papan surfing hanya untuk bermain dengan ombak di Pantai Suluban.

Sama seperti di Pantai Balangan, Suluban juga menjadi markas para surfers. Jadi, Anda yang menyukai olahraga ini, mengapa tidak mencoba untuk surfing di sini?

5. Masih Banyak Spot Tersembunyi

Karena letaknya yang ada di balik goa, sebenarnya masih banyak titik-titik pesisir yang tersembunyi di Pantai Suluban. Mungkin banyak orang mengira bahwa pantai ini cukup sempit dan kecil, padahal sebenarnya jika Anda menjelajahi goa yang ada di pesisir, Anda akan menemukan spot menarik lainnya.

6. Instagrammable, Rekomen untuk Fotografer

Di zaman yang milenial sekarang ini, instagrammable menjadi salah satu pertimbangan ketika Anda memilih tempat wisata. Tenang saja, pemandangan yang fantastis di pantai ini bisa jadi feeds instagram atau konten snapgram atau snapchat Anda!

Banyak juga para fotografer yang menyempatkan waktu datang ke Pantai Suluban untuk memotret berbagai spot, tanpa ataupun dengan model. Menarik bukan?

Setelah membaca ulasan mengenai pantai tersebut, sudah saatnya Anda mengunjunginya ketika ke Bali. Jangan lupa bawa topi dan kacamata agar terhindar dari sengatan matahari secara langsung ya!

Written by
Mendy Aisha
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.