Connect with us

Hi, what are you looking for?

Travelling

Ini 5 Panti Asuhan Muslim di Bali

Meskipun mayoritas penduduk Bali memeluk agama Hindu, terdapat sejumlah panti asuhan muslim loh! JIka kampung-kampung muslim bisa ditemukan cukup pelosok, berbeda dengan panti asuhan muslim di Bali. Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun ada sejumlah panti asuhan dengan yayasan islam yang bisa Anda temui di Denpasar.

Panti asuhan tersebut tidak hanya menjadi tempat tinggal anak-anak yatim piatu tetapi juga tempat menimba ilmu, terutama ilmu agama. Sejumlah panti juga kerap menjadi lokasi untuk berbagi kasih yang diselenggarakan oleh instansi maupun perseorangan. Di mana sajakah itu?

Panti Asuhan Islam di Bali

1. Yayasan Al Islam Hidayatul Bali

Yayasan Al Islam Hidayatullah merupakan sebuah organisasi yang berkomitmen untuk membina umat melalui dakwah, pendidikan, dan amal sosial. Salah satu cabang kegiatan yayasan ini adalah menyelenggarakan pendidikan mulai dari tingkat TK hingga SMA dengan jumlah murid sebanyak 900 orang.

Sementara untuk kegiatan sosial, yayasan ini mempunyai 30 anak asuh, dengan 10 anak tinggal di asrama serta 20 anak tinggal di luar asrama. Saat ini Yayasan Al Islam Hidayatullah berlokasi di Kampung Islam Kepaon, Jl. Raya Pemogan No. 54, Pemogan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80221.

2. Panti Asuhan Miftahul Falah

Miftahul Falah merupakan salah satu panti asuhan Bali yang terletak di Jl. Penyaringan II No. 15, Sanur Kauh, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80227. Panti asuhan muslim ini menjadi rumah bagi anak-anak yatim piatu dari daerah Denpasar dan sekitarnya.

Panti Asuhan Miftahul Falah tidak hanya menyediakan tempat tinggal bagi anak-anak yatim tetapi juga memberikan pendidikan agama Islam kepada anak asuhnya. Terdapat beberapa ustadz dan penanggungjawab yang bertugas untuk mengasuh panti asuhan yang satu ini.

Advertisement. Scroll to continue reading.

3. Panti Asuhan Pendidikan KH. M. Manshur (YAPPA) Putra

Yayasan Penyantunan dan Pendidikan Anak Yatim Piatu (YAPPA) untuk putra berlokasi di Jl. Tukad Pule No. 7A, Sesetan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80225. YAPPA berdiri pada tanggal 23 September 1975 dan telah mempunyai izin pendirian secara resmi. Yayasan ini juga mendirikan panti asuhan untuk putri yang terletak di lokasi berbeda.

Yayasan ini bergerak di bidang sosial, kemanusiaan, dan keagamaan. Anak asuh yang tinggal di panti mendapatkan pendidikan Islami dan dilatih untuk mandiri sehingga mampu menjadi manusia yang dapat berfungsi secara sosial serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Selain panti asuhan, YAPPA juga mempunyai badan usaha lain seperti koperasi pondok pesantren dan Madrasah Diniya Awaliyah

4. Panti Asuhan Sakinah

Panti asuhan muslim yang selanjutnya terletak di Jl. Palapa XIV Gg. Ikan Blukus No.1, Sesetan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80224. Dikenal dengan nama Panti Asuhan Sakinah, yayasan sosial ini merupakan tempat tinggal bagi anak-anak yatim piatu.

Panti Asuhan Sakinah sering mendapatkan perhatian dari para donatur untuk berbagi kasih dengan anak-anak asuhnya. Terbukti beberapa perusahaan mengadakan acara tali kasih dengan yayasan ini. Selain menyediakan tempat tinggal, panti juga memberikan bimbingan keagamaan bagi anak-anak. 

5. Panti Asuhan Muhammadiyah Denpasar

Panti asuhan yang berlokasi di Br Seblanga Gg. Penataran Sari No. 20, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80221 ini dikelola oleh Muhammadiyah. Sebagai bagian dari keluarga besar Muhammadiyah, panti ini bergerak dalam bidang sosial dan keagamaan.

Anak-anak yang diasuh oleh panti merupakan anak yatim piatu maupun dari kalangan yang kurang mampu. Selain mendapatkan perhatian, anak-anak juga mendapatkan bimbingan agama Islam dari pengelola yayasan sosial tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ketika Anda berlibur ke Bali, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu mengunjungi beberapa panti asuhan muslim di Bali yang telah disebutkan diatas. Terlebih lagi, wilayahnya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota (Denpasar) tentunya mudah diakses menggunakan kendaraan apapun.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Akademik

Pada dasarnya baik itu Silabus dan RPP PJOK SD (Sekolah Dasar) untuk kelas 1 – 6 ini adalah perangkat terbaru yang akan kami bahas...

Akademik

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang isi naskah Dwi Darma, Dasa Darma, Tri Satya, dan Dwi Satya, penting untuk Anda tahu terlebih dulu...

Akademik

Acara perpisahan sekolah sudah didepan mata nih, pastinya Anda butuh yang namanya contoh susunan acara perpisahan sekolah terbaru 2019. Dengan begitu Anda akan lebih...

Akademik

Informasi ini disampaikan oleh: LP3I Kampus Siap Kerja Ujian nasional adalah suatu kegiatan dari sekolah yang memang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di...