Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaat Website
pengertian jenis dan manfaat website
Pengertian jenis dan manfaat website

Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaat Website

Perkembangan dunia internet dalam lima tahun terakhir sangatlah pesat. Perlu kita cermati bahwa dengan meningkatnya penggunaan internet juga melahirkan banyak website-website baru lahir dengan berbagai topik dan tema. Sebenarnya apa sih website itu? Jenis-Jenis website dan manfaat website itu sendiri.

Izinkan kami membahas mengenai hal-hal terkait dengan website, karena tentu akan menjadi hal yang bermanfaat untuk anda. Mari kita bahas mulai dari pengertian website itu sendiri.

Pengertian Website

Website adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan dimana halaman tersebut memiliki domain yang khas serta isinya bisa berupa informasi berupa teks, video, suara dan memiliki tujuan khusus untuk pembuatannya.

Jika kita melihat definisi diatas dapat dikatakan bahwa setiap website memiliki tujuannya masing-masing. Saat ini banyak website berisi informasi yang bermanfaat terkait kesehatan, keuangan, informasi, teknologi, olahraga dan masih banyak lagi. Seiring dengan kemudahan mendapatkan informasi, maka website menjadi salah satu rujukan bagi orang-orang untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

Sebelum membahas lebih jauh, maka perlu rasanya kita mengetahui sejarah website itu sendiri. Pertama kali website dibuat oleh Tim Berness-Lee pada tahun 1991. Dimana tujuan awal pembuatan website ini adalah untuk memudahkan sesama peneliti untuk bertukar atau melakukan perubahan informasi.

Website sendiri saat ini semakin berkembang dengan tema dan isi konten-konten yang menarik. Saat ini terdapat beberapa jenis website yang perlu diketahui:

Website Pribadi

Website pribadi merupakan website yang dibuat oleh seseorang untuk tujuan tertentu. Dalam pembuatan website pribadi biasanya ada yang gratis atau berbayar. Jika kita melihat fenomena saat ini maka kebanyakan website pribadi berfokus pada tema apa yang ingin dibangun. Walaupun ada beberapa website yang temanya bercampur alias tidak hanya satu tema. Jika anda memang hanya ingin belajar membuat website saran kami buatlah website gratisan terlebih dahulu.

Mungkin ada beberapa kekurangan ketika anda menggunakan website pribadi, seperti domain yang harus mengikuti penyedia hosting. Sehingga kadang terasa kurang prefesional. Sementara untuk website yang berbayar anda bisa membuat nama website yang terkesan lebih profesional.

Website Toko Online

Seiring perkembangan dunia internet, juga memunculkan fenomena jual beli secara online. Dalam perdagangan online sebagai produsen ataupun pelaku usahanya anda harus memiliki sebuah toko online. Fungsi dari toko online sendiri adalah menjaga eksistensi toko anda dalam mesin pencarian. Kita pahami bersama bahwa ada perubahan pola cara belanja dimasyarakat yang saat ini sudah menyukai berbelanja online. Tentu jika anda ingin membuat sebuah toko online maka perlu dibuat tema yang menarik serta promosi yang baik agar toko online anda terkenal dan semakin banyak kunjungan ke toko anda.

Blog

Blog merupakan sebuah website dengan tampilan yang lebih sederhana. Secara fungsi dan tujuan blog serta website memiliki kesamaan yakni memberikan informasi kepada masyarakat luas. Selain itu ada juga orang yang membuat blog untuk tujuan komersial dan itu tidak dilarang. Dalam membuat blog usahakan anda memposting artikel minimal sehari sekali yang berkaitan dengan tujuan blog anda. Agar blog anda kelihatan aktif sehingga banyak pengunjung yang berkunjung ke blog anda.

Sebenarnya apa sih manfaat website itu sendiri, menurut kami ada tiga manfaat website yang perlu kita ketahui

1. Media Iklan

Website merupakan media iklan bagi usaha anda. Cara ini merupakan promosi yang terbilang murah jika dibandingkan beriklan di media lainnya. Saat ini kebanyakan orang mulai mencari apapun melalui internet. Dengan memiliki website maka usaha anda akan mudah dikenali orang.

2. Berbagi Hobi dan Pengalaman

Didalam website anda dapat gunakan untuk berbagi hobi dan pengalaman. Untuk anda yang hobi menulis dapat menjadikan website sebagai sarana untuk mengeluarkan hobi anda.

3. Menghasilkan Uang

Website yang bermanfaat dan banyak dikunjungi orang, maka dapat menjadi sumber penghasilan untuk anda. Dengan cara mendapatkan iklan atau endorshment di blog atau website anda.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.