Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Permendikbud No 24 Tahun 2016
Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Penting sekali untuk diketahui bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Republik Indonesia) atau Permendikbud No 24 tahun 2016, yang membahas mengenai Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tahun ajaran 2016. Pada pendidikan di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah kurikulum pendidikan di tahun 2016 ini mencakup Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SAM), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pelaksanaan pembelajaran untuk tingkat Sekolah Dasar dilakukan dengan cara pendekatan pembelajaran tematik terpadu, kecuali untuk beberapa mata pelajaran seperti Matematika dan Pendidikan Jasmani. Sementara itu untuk pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama dan Atas ini dilakukan dengan pendekatan pembelajaran sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri. Tetapi demikian, untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya mengenai Permendikbud No 24 tahun 2016, silakan simak ulasannya di bawah ini.

Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Pada dasarnya Kompetensi Inti yang ada pada kurikulum 2016 tersebut menjadi tingkatkan kemampuan untuk bisa mencapai standar kompetensi lulusan yang wajib dimiliki oleh masing – masing peserta didik. Kompetensi Dasar sendiri merupakan kemampuan dan juga materi dari pembelaran minimal yang harus dicapai oleh masing – masing peserta didik, untuk suatu mata pelajaran yang masih ada kaitannya dengan Kompetensi Inti seperti berikut ini.

  • Sikap spriritual
  • Sikap sosial
  • Pengetahuan
  • keterampilan

Kompetensi Dasar pada Permendikbud No 24 ini berisi mengenai kemampuan dan juga materi pembelajaran untuk suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi Inti. Jadi, baik itu Kompetensi Inti maupun Kompetensi Dasar keduanya sama – sama digunakan sebagai dasar untuk perubahan buku teks pembelajaran siswa.

Sehingga ketika peraturan tersebut diberlakukan, itu artinya semua ketentuan yang mengatur mengenai Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Muatan Pembelajaran, Silabus, Pedoman Mata Pelajaran, maupun Pembelajaran Tematik Terpadu dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Pada dasarnya Permendikbud No 24 tahun 2016 sudah diberlakukan dan adapun rincian dari standar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk tingkat pendidikan dasar hingga menengah atas ini ada pada lampiran dari Permendikbud No 24 mengenai KI dan KD yang bisa Anda download di sini.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang Permendikbud No 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Semoga bermanfaat.

Written by
Autobild Rental
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.