Kepulauan Seribu sudah terkenal dengan wisatanya yang indah dan menawan. Lokasinya yang berada di ibu kota membuat Kepulauan Seribu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain potensi wisata, perairan Kepulauan Seribu juga memiliki potensi perikanan yang sangat menjanjikan bagi masyarakat, terutama hasil laut dan budidaya ikan kerapu.

Potensi Perikanan Kepulauan Seribu

Kepulauan seribu memiliki potensi laut dan perikanan yang sangat besar. Umumnya, masyarakat masih banyak yang mengandalkan perikanan dari hasil tangkapan. Tetapi, saat ini perkembangan perikanan secara nasional maupun global cukup besar. Sehingga, salah satu cara untuk mengoptimalkan peluang tersebut adalah dengan melakukan budidaya.

Pengembangan perikanan yang hanya mengandalkan dari hasil tangkapan saja akan membuat populasi ikan di habitatnya menjadi semakin berkurang dan bisa memengaruhi ekosistem laut. Oleh karena itu, masyarakat di Kepulauan Seribu didorong untuk melakukan budidaya ikan yang programnya telah dilakukan oleh pemerintah.

Selain pemerintah, hingga saat ini juga telah ada banyak pihak yang melakukan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal budidaya ikan kerapu di Kepulauan Seribu. Sistem usaha bisnis perikanan yaitu budidaya ikan kerapu diharapkan meliputi usaha pembenihan, pembesaran, sampai pendederan.

Budidaya ikan kerapu yang dijalankan di Kepulauan Seribu memiliki prospek bisnis yang cerah. Pemerintah DKI juga selalu aktif dan memantau mengenai perkembangan perikanan di Kepulauan Seribu.

Ikan kerapu yang banyak dibudidayakan di Kepulauan Seribu adalah ikan kerapu cantang yang merupakan persilangan kerapu macan dan kertang serta kerapu cantik hasil persilangan kerapu macan dan kerapu batik. Potensi perikanan yang terus digali dapat membuat perekonomian masyarakat di Kepulauan Seribu semakin baik dan meningkat.

Upaya Peningkatan Perikanan di Kepulauan Seribu

kepulauan seribu dengan potensi perikanan
kepulauan seribu dengan potensi perikanan

Selain pemerintah provinsi, pemerintah daerah juga dengan aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong usaha perikanan di Kepulauan Seribu. Pemerintah berusaha untuk memberikan bantuan dalam bentuk bibit ikan dengan kualitas ekspor untuk jenis kerapu macan, tikus, dan cantik.

Harapan masyarakat dan pemerintah daerah adalah hasil produksi budidaya ikan kerapu dapat meningkat dan menghasilkan pemasukan yang banyak. Ikan kerapu dapat dipanen sebanyak 3 kali setiap tahun dengan hasil setiap panen yang mencapai Rp300.000.000,-.

Untuk mempercepat masa panen, Bank Indonesia memberikan bantuan berupa inovasi teknologi pembuatan pakan ikan. Teknologi pembuatan pakan ikan ini bertujuan untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk biaya pakan dan dapat mempercepat masa panen.

Selain ikan kerapu, pemerintah daerah juga fokus untuk memberikan pelatihan mengenai budidaya ikan bandeng laut. Sehingga, bandeng yang terkenal tidak hanya bandeng tawar saja. Mayoritas masyarakat Kepulauan Seribu memiliki mata pencaharian sebagai nelayan yang membuat potensi perikanan semakin besar dan menjanjikan.

Kelebihan Budidaya Ikan Kerapu

Pemilihan pengembangan hasil laut dan budidaya ikan kerapu di Kepulauan Seribu adalah langkah yang tepat dan menjanjikan di masa depan. Beberapa kelebihan dari budidaya ikan kerapu, yaitu:

  1. Ikan kerapu memiliki harga yang cukup tinggi sebagai ikan konsumsi.
  2. Tingkat pertumbuhan ikan kerapu hasil budidaya cukup cepat sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar.
  3. Ikan kerapu tidak akan terbawa air luapan ketika banjir. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan kerapu yang hidup di dasar perairan.
  4. Ikan kerapu banyak diminati oleh masyarakat dan membuat permintaan terhadap ikan kerapu cukup tinggi.
ikan kerapu konsumsi
ikan kerapu konsumsi favorit

Permintaan konsumen terhadap ikan kerapu selalu meningkat. Oleh karena itu, masyarakat Kepulauan Seribu diharapkan memiliki keinginan dan kemampuan untuk terus berusaha memaksimalkan potensi hasil budidaya ikan kerapu. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah atau pihak lainnya dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mengoptimalkan potensi ikan kerapu.

Tagged in:

,