Pusing Banyak Rayap di Rumah? Ini 5 Cara Ampuh Mengusirnya
Ilustrasi rayap di kayu rumah
Ilustrasi rayap di kayu rumah

Pusing Banyak Rayap di Rumah? Ini 5 Cara Ampuh Mengusirnya

Salah satu hal menyebalkan adalah melihat perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu keropos akibat serangga yang bernama rayap. Serangan rayap menjadi bayang-bayang yang tidak mengenakkan karena sangat merepotkan bagi pemilik rumah karena serangga ini sering menyerang berbagai macam perabotan dan benda lainnya.

Bagaimana cara ampuh untuk mengusir serangga jenis ini di lingkungan rumah? Begitulah pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang yang resah dengan kehadiran serangga satu ini. Jika Anda merupakan salah satu dari mereka, Anda perlu menyimak ulasan berikut ini hingga habis. Sebab, di bawah ini terdapat beberapa cara ampuh untuk mengusir rayap.

Cara Ampuh Mengusir Rayap

Siram dengan Air Sabun

Air sabun merupakan salah satu zat kimia yang terbukti ampuh untuk mengusir bahkan membasmi koloni rayap yang sangat mengganggu di rumah Anda. Cairan kimia jenis ini sangat mudah ditemukan daripada cairan kimia jenis lainnya, karena berbagai macam sabun yang Anda gunakan di rumah dapat digunakan untuk membuat cairan ini.

Air sabun ternyata dapat mengganggu saluran pernapasan rayap sehingga dengan menyemprotkannya secara langsung dikerumunan rayap akan membuat koloni rayap cepat mati.

Gunakan Asam Borat

Selain air sabun, asam borat juga menjadi salah satu zat kimia yang dapat membasmi koloni rayap. Asam borat dapat mencegah kedatangan rayap yang bertujuan merusak perabotan dan benda-benda di rumah Anda. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan cairan asam borat pada perabotan dan benda-benda di rumah Anda.

Kapur Barus

Kapur barus juga merupakan zat kimia yang efektif untuk membasmi koloni rayap. Di dalam kapur barus terdapat kandungan naftalena yang memiliki sifat mematikan bagi serangga kecil seperti rayap. Cukup dengan meletakkan beberapa butir kapur barus ke dalam perabotan atau benda-benda yang rawan diserang rayap, dan rayap pun enggan untuk mendekatinya.

Turunkan Suhu Ruangan

Jika Anda tidak ingin menggunakan bahan-bahan yang mengandung zat kimia untuk mengusir rayap, Anda dapat menggunakan cara ini yaitu menurunkan suhu ruangan. Hal tersebut dapat membuat rayap enggan datang ke rumah Anda, karena rayap sangat tidak suka dengan suhu dingin yang ektrim.

Gunakan Cacing Nematoda

Salah satu spesies cacing yang bernama cacing nematoda juga dapat digunakan sebagai alat pembasmi atau pengusir rayap. Cacing jenis ini sebetulnya termasuk cacing parasit yang sering kita temui di perkebunan. Dengan menggunakan cacing nematoda semua rayap yang berada di rumah Anda akan mati, baik induk hingga telur-telurnya.

Sudahkah Anda temukan cara yang cocok untuk mengusir rayap di rumah Anda? Cara-cara di atas merupakan cara-cara paling ampuh untuk mengusir rayap. Anda dapat mencoba salah satu dari cara di atas untuk mengusir rayap dari rumah Anda. Jika Anda merasa kesulitan, memanggil jasa pembasmi rayap juga bisa jadi pilihan alternatif Anda. Selamat mencoba.

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.