Laris di Pasaran, Benarkah Quaker Oatmeal bagus untuk Diet?
Quaker oats untuk diet
Quaker oats untuk diet

Laris di Pasaran, Benarkah Quaker Oatmeal bagus untuk Diet?

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum utuh yang digiling menjadi serpihan tipis. Oatmeal bisa digunakan untuk pengganti karbohidrat seperti nasi, kentang, atau jagung karena memiliki karbohidrat yang lebih sedikit. Oatmeal memiliki nutrisi yang lebih banyak, sehingga ampuh menurunkan kolesterol serta kadar gula pada tubuh. Salah satu produk oatmeal yang populer adalah Quaker Oat.

Manfaat Quaker Oat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika oat terbuat dari gandum. Gandum sendiri merupakan sumber makanan pokok yang memiliki nutrisi yang tinggi namun rendah kalori dan karbohidrat. Semangkuk oatmeal hanya mengandung 28 kalori, karenanya oatmeal banyak digunakan untuk diet. Berikut ini dipaparkan lebih jelas mengenai manfaat dari oatmeal.

  1. Menjaga berat badan karena mempunyai serat yang tinggi.
  2. Menurunkan kolesterol karena kandungan serat pada oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol, sehingga mengurangi resiko penyakit jantung.
  3. Menstabilkan gula darah karena serat yang terkandung dalam oatmeal mudah larut, sehingga dapat mengurangi penyerapan gula dan memperbaiki kadar gula darah pada tubuh Anda.
  4. Tingginya serat pada oatmeal dapat mengurangi masalah pada organ pencernaan Anda salah satunya adalah sembelit atau radang pada usus.

Perbedaan Quaker Oat Merah dan Biru

Berhubung quaker oats ini bukan produk obat, maka Quaker ini tidak dapat dibeli di apotik. Di toko atau supermarket Anda akan disuguhkan dengan Quaker Oat kemasan biru dan kemasan merah. Tidak banyak yang paham mengenai kemasan Quaker oat tersebut. Kebanyakan orang mengira jika perbedaan warna hanya variasi. Namun ternyata tidak, produsen Quaker Out sengaja membedakan quaker jenis tertentu dengan kemasannya. Berikut ini penjelasan perbedaan kemasan Quaker Out.

Quaker Oat Kemasan Biru

Jika Anda memperhatikan dengan jeli, seperti yang tertera pada kemasannya, quaker dengan kemasan biru adalah oat yang sebelum di konsumsi harus melalui pemasakan cepat. Banyak metode untuk memasak oat quick cook ini. Bisa dengan direbus dengan susu atau air panas sebentar dengan kompor ataupun microwave, bisa juga dengan menggunakan slowcooker.

Quaker Oat Kemasan Merah

Berbeda dengan Quaker Oat kemasan biru, Quaker Oat kemasan merah adalah oat cepat saji yang disajikan seperti cereal. Oat pada kemasan ini sudah dimasak sebelumnya jadi lebih praktis. Jika Anda tertarik,  Anda bisa menyajikan oat ini dengan susu panas atau membuat oat over night untuk sarapan sehat keluarga Anda yang resepnya banyak beredar di internet.

Quaker Oatmeal untuk Diet

Quaker oatmeal memang banyak digunakan untuk diet, selain karena harganya terjangkau dan mudah ditemukan, oatmeal tidak membutuhkan waktu lama dalam prosesnya. Namun dilihat dari indeks kadar glukosa, quaker oatmeal memiliki indeks glukosa yang cukup tinggi dibandingkan jenis gandum lain. Namun kadar Indeksnya masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan nasi.

Hingga saat ini belum ada penelitian yang mengatakan jika oatmeal dapat menurunkan berat badan, namun dengan melakukan diet oatmeal, Anda bisa melalukan pola makan sehat jika oatmeal tersebut dibarengi dengan asupan dan gizi yang cukup dan tidak berlebihan. Pola makan sehat dengan oatmeal dapat membatu Anda menyeimbangkan kandungan nutrisi pada tubuh Anda.

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.