Connect with us

Hi, what are you looking for?

Travelling

Mengenal Sejarah Masjid Agung Semarang dan Kiprahnya dalam Kemerdekaan RI

Umat muslim dan masjid adalah salah satu hal yang sangat berhubungan erat. Hal itu karena masjid adalah tempat umat Islam melakukan ibadah. Begitu juga umat agama lainnya yang beribadah di berbagai tempat ibadahnya masing-masing. Anda mungkin sering mendengar tentang Masjid Agung Semarang dan penasaran akan sejarahnya. 

Tentang Sejarah Masjid Agung Semarang

masjid agung semarang jawa tengah
masjid agung semarang jawa tengah
  • Masjid Bersejarah di Pulau Jawa

Masjid Agung Semarang menjadi salah satu masjid bersejarah yang berada di Pulau Jawa. Lokasi masjid ini berada di pusat kota Semarang dan berdekatan dengan beberapa gedung pemerintahan. Jaraknya pun tidak jauh dari pusat perdagangan yang menjadi ciri khas pada tata ruang kota semenjak zaman dulu.

  • Berasal dari Tanah Wakaf

Pada mulanya, BKM (Badan Kesejahteraan Masjid) yang dibentuk oleh BUAD (Badan Urusan Agama Depag) menukarkan tanah wakaf 119.127 hektar dengan luas 250 hektar di Demak melalui PT. Sambirejo. Kemudian tanah tersebut berpindah tangan ke PT Tensindo – Hasana.id.

Tanah wakaf itu pun ditukarkan karena dianggap tidak produktif, dan akhirnya kembali ke BKM sehingga dibangunlah Masjid Agung Semarang di atas salah satu petak tanah wakaf yang dimiliki.

  • Gubernur Jawa Tengah Ikut Membantu

Mayjen Mardiyanto selaku gubernur Jawa Tengah pada saat itu membantu tim koordinasi pembangunan masjid, untuk menangani berbagai masalah baik yang mendasar hingga sulit.

  • Pemasangan tiang pancang sebagai penanda pembangunan Masjid Agung Semarang, dilakukan oleh Mayjen Mardiyanto sendiri, menteri agama, dan Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al-Munawar.
  • Dihadiri Beberapa Duta Besar

Adapun duta-duta besar yang menghadiri pemasangan tersebut berasal dari negara seperti Arab Saudi, Uni Emirat, Abu Dhabi, Qatar, Mesir, Kuwait, dan Palestina. Hal itu menunjukkan bahwa negara-negara tersebut mendukung pembangunan Masjid Agung Semarang.

  • Turut serta dalam Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Perlu diketahui juga bahwa Masjid Agung Semarang bisa dikatakan turut serta dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Hal itu  karena masjid ini adalah satu-satunya di negara Indonesia yang mengumumkan kemerdekaan Indonesia secara terbuka. Pengumuman itu pun dilakukan beberapa waktu setelah Ir. Soekarno menyatakan Indonesia telah proklamasi.

Proklamasi kemerdekaan telah dibacakan oleh kedua pemimpin bangsa Indonesia di Jakarta, tepatnya di rumah milik Laksamana Maeda. Kemudian setelah dibacakan, salah seorang jamaah yang aktif di Masjid Agung Semarang mengumumkan kepada jamaah lainnya di mimbar Jum’at. Pengumuman tersebut berisi bahwa Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaan.

Dr. Agus adalah seseorang yang mengumumkannya di mimbar. Sehingga lewat peristiwa tersebut, pihak Jepang sangat terkejut dan tidak terima. Dr. Aus pun dikejar Jepang sampai dengan beliau wafat di sana (Jakarta)

Ir. Soekarno pun pergi ke Masjid Agung Semarang untuk melakukan pidato atau khutbah sholat Jumat pada tahun 1952. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas peristiwa tersebut. 

Masjid Agung Semarang ternyata mempunyai sejarah yang panjang, baik tentang berdirinya maupun dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Apabila sedang liburan ke Semarang, Anda bisa berkunjung atau mampir ke Masjid Agung tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Akademik

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang isi naskah Dwi Darma, Dasa Darma, Tri Satya, dan Dwi Satya, penting untuk Anda tahu terlebih dulu...

Akademik

Pada dasarnya baik itu Silabus dan RPP PJOK SD (Sekolah Dasar) untuk kelas 1 – 6 ini adalah perangkat terbaru yang akan kami bahas...

Akademik

Acara perpisahan sekolah sudah didepan mata nih, pastinya Anda butuh yang namanya contoh susunan acara perpisahan sekolah terbaru 2019. Dengan begitu Anda akan lebih...

Akademik

Informasi ini disampaikan oleh: LP3I Kampus Siap Kerja Ujian nasional adalah suatu kegiatan dari sekolah yang memang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di...