Sistematika Penulisan Karya Ilmiah
sistematika penulisan karya ilmiah
Sistematika penulisan karya ilmiah

Sistematika Penulisan Karya Ilmiah

Karya Ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan untuk memaparkan hasil dari suatu penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah team dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. (Sumber Wikipedia.org). Jika kita menelaah definisi karya ilmiah diatas dapat diketahui bahwa dalam membuat sebuah karya ilmiah tidak bisa sembarangan.

Terdapat aturan penulisan Karya Ilmiah yang sudah disepakati oleh para ahli sebagai pedoman. Lantas bagaimanakah sistematika penulisan karya ilmiah yang benar? Berikut ini kami paparkan sistematika penulisan Karya Ilmiah :

Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian awal dari karya ilmiah yang menerangkan mengenai mengapa penelitian atau kajian ini perlu dilakukan. Sebelum melakukan suatu penelitian kita harus mengetahui fenomena apa yang menjadi alasan kita mengapa harus dilakukan penelitian tersebut. Dalam bab pendahuluan sendiri ada beberapa sub bab yang berada didalamnya yakni :

Latar Belakang Masalah

Sesuai dengan namanya maka latar belakang masalah merupakan uraian atau penjelasan mengenai penyebab dilakukannya penelitian. Kita dapat menemukan latar belakang masalah dari pengamatan kondisi sekitar kita sehari-hari.

Identifikasi Masalah

Setelah kita menemukan latar belakang masalah, maka langkah selanjutnya kita mulai mengidentifikasi masalah tersebut. Identifikasi ini termasuk diataranya membuat daftar pertanyaan mengenai urgensi penelitian yang dilakukan.

Tujuan

Tujuan dari sebuah penelitian yang akan dilakukan diterangkan secara jelas dalam bagian ini. Tentu tujuan yang ingin dicapai memiliki muatan kebaikan bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Manfaat

Sebuah karya ilmiah akan berdampak jika memberikan manfaat bagi banyak orang. Itulah salah satu alasan mengapa dalam sistematika penulisan karya ilmiah dimasukkan item manfaat.

Landasan Teori

Ketika semua hal yang ada dalam Bab Pendahuluan sudah didapatkan. Maka langkah selanjutnya kita diharuskan menemukan landasan teori untuk penelitian kita. Landasan teori kita dapatkan dari berbagai referensi diantaranya Buku, Jurnal Ilmiah, Tesis ataupun Disertasi. Harus ada relasi antara landasan teori yang kita cantumkan dengan apa yang akan kita teliti. Mengapa harus ada kesesuaian antara Landasan Teori dan Karya Ilmiah kita.

Kita harus paham bahwa Landasan Teori ini sebagai dasar penguat penelition yang kita lakukan. Serta kemungkinan dari landasan teori ini kita menemukan dasar untuk pembahasan hasil penelitian.

Metodologi

Pendahuluan dan Dasar Teori sudah kita buat, langkah selanjutnya adalah menemukan metodologi atau cara untuk membuktikan hasil karya ilmiah kita. Metodologi berisi mengenai cara pengambilan data, waktu dan tempat lokasi penelitian, cara mengolah data yang sudah didapatkan dari hasil penelitian. Dalam menentukan metodologi yang akan digunakan kita juga harus membaca banyak referensi terkait penelitian yang kita lakukan, agar kesalahan dapat dikurangi selama proses penelitian.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian berisi mengenai sebuah data atau fenomena yang terjadi selama penelitian. Kita harus bisa mengolah data yang kita ambil agar bisa dibaca dan menunjukkan suatu hasil. Untuk penelitian sosial dan eksak biasanya banyak bersinggungan dengan statistika. Karena sebuah data mentah tidak dapat menjelaskan apapun sebelum diolah agar diketahui hasilnya seperti apa. Terkadang pun hasil penelitian tidak sesuai dengan teori yang ada didalam literatur. Disinilah peran kita untuk mencari tahu bagaimana fenomena ini dapat terjadi.

Pembahasan

Sesudah hasil penelitian dipaparkan maka langkah selanjutnya adalah menyusun pembahasan. Bagian tersulit dari sebuah karya ilmiah adalah di pembahasan, jika hasil penelitian kita berbeda dengan literatur maka kita harus bisa menjelaskan penyebab perbedaan tersebut.Pembahasan pun juga harus disandingkan dengan landasan teori agar keabsahannya dapat diketahui.

Kesimpulan

Inilah bab terakhir dalam sebuah Karya Ilmiah. Kesimpulan kita dapat dari hasil pembahan. Misalkan kita membuat karya ilmiah Pengaruh Inflasi terhadap daya beli masyarakat. Maka dalam kesimpulan ini kita jelaskan secara ringkas pengaruh inflasi terhadap daya beli masyarakat.

Nah itulah sistematika penulisan karya ilmiah yang wajib anda ketahui, semoga bermanfaat.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.