Dapo.Dikdas: Situs Resmi Dapodik yang Baru
situs resmi dapodikdasmen
Situs resmi dapodikdasmen

Dapo.Dikdas: Situs Resmi Dapodik yang Baru

Ini pastinya menjadi salah satu kabar yang penting sekali untuk Anda ketahui, terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai guru pendidik. Bahwa berdasarkan surat Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah yang berisikan tentang pemutakhiran data Dapodik di sekolah – sekolah kini untuk mengakses situs atau website pendataan Dapodik yang semula beralamatkan di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/, khususnya untuk Dapodik di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta di alamat https://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id./ untuk Dapodik di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kini akan diintegrasikan ke situs baru Dapodikdasmen.

Adapun situs resmi baru Dapodikdasmen atau Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah tersebut adalah dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Tetapi demikian, untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya mengenai situs baru Dapodikdasmen, mari simak selengkapnya di bawah ini.

Situs Resmi Dapodikdasmen yang Baru

Dapodikdasmen
Ilustrasi akses situs dapodikdasmen

Pada dasarnya ini bukanlah kabar baru, dan mungkin sudah banyak orang yang tahu mengenai situs resmi baru Dapodikdasmen tersebut. Tetapi demikian, buat Anda yang belum mengetahui informasi tersebut tentu saja tidak perlu khawatir. Sebab, melalui artikel ini akan kami bagikan ulasan selengkapnya yang masih ada kaitannya dengan situs resmi yang baru tersebut.

Ya, sudah sejak awal bulan Februari di tahun 2016 silam resmi dilaunching situs atau website resmi Dapodikdasmen, yang beralamatkan di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Maka dari itu, bagi Anda yang berprofesi sebagai guru pendidik di sekolah – sekolah tentu saja diharuskan untuk mendownload aplikasi Dapodik SD, SMP, SMA, SMK, dan juga SLB.

Pada dasarnya aplikasi Dapodikdasmen ini merupakan salah satu jenis aplikasi penjaring data pokok pendidikan di kelompok jenjang pendidikan dasar yang masih ada di lingkup Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud. Dimana entitas data pokok tersebut meliputi yang ada di sekolah – sekolah, tak terkecuali mengenai sarana maupun prasarana, pendidikan dan tenaga kependidikan, peserta didik, juga proses pembelajaraan dalam rombongan belajar atau rombel.

Dengan adanya aplikasi Dapodik tersebut maka Anda pastinya juga akan lebih dimudahkan lagi untuk melakukan pengecekan hasil progress pengiriman data Dapodikdas dan Dapodikmen. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu berkunjung ke alamat situs barunya tersebut untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan, tak terkecuali mengenai aplikasi Dapodikdasmen.

Secara umum, situs atau website baru Dapodikdasmen menyajikan beberapa menu pilihan, diantaranya sebagai berikut.

  • Warning tanggal pengembalian data tunjangan atau BOS
  • Beranda
  • Tempat mengunduh aplikasi Dapodikdasmen dan dokumen Dapodik
  • Pencarian data sekolah, hasil sinkronisasi data – data, dan lain – lain
  • Pencarian progres data
  • Laporan kualitas kelengkapan
  • Laporan validasi data

Artikel terkait: Daftar Website dan Akun Remi PT KAI Terbaru

Tidak hanya itu saja, ternyata pada laman situs resmi Dapodikdasmen tersebut juga memiliki beberapa fitur baru, salah satunya adalah fitur pencarian. Ini adalah fitur terbaik di situs Dapodikdasmen yang akan menggambarkan akutabilitas publik. Dengan fitur tersebut maka tiap – tiap orang bisa tahu jumlah siswa di masing – masing sekolah hanya dengan menuliskan nama sekolah. Selain hal tersebut, fitur ini ternyata juga bisa digunakan untuk melakukan pengecekan apa sekolah sudah melakukan sinkronisasi pada periode tertentu atau masih belum. Pada situs barunya ini, Dapodikdasmen juga menyajikan link menuju Info BOS, Manajemen Dapodik, Info GTK, Situs PDSP, PIP Dikdasmen, dan Dana Alokasi Khusus.

Nah, itulah tadi beberapa informasi penting tentang alamat situs resmi Dapodikdasmen yang baru. Semoga bermanfaat.

Written by
Editorial Staff
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.