Tips Sukses Memulai Karir Sebagai Freelancer
tips sukses berkarir sebagai freelancer
Tips sukses berkarir sebagai freelancer

Tips Sukses Memulai Karir Sebagai Freelancer

Karir sebagai freelancer kini mulai dilirik khalayak. Tak heran karena berkarir sebagai freelancer turut menjanjikan penghasilan yang jauh lebih besar dibanding karyawan tetap, dan menariknya dalam mengerjakan tugas sebagai freelancer ini tak terbatas ruang dan waktu, karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Walau begitu, untuk sukses sebagai freelancer tentu harus memiliki nilai lebih, dapat diandalkan dan tepat waktu dalam pengerjaan. Di bawah ini 6 tips untuk memulai karir sebagai freelancer yang sukses :

1. Raih Pengalaman

Tunjukkan karya kamu pada resume serta portfolio diri Anda. Apabila pengalaman yang dimiliki belum ada, bukan hal yang masalah, karena Anda bisa memperoleh pengalaman tersebut dengan cara memberikan jasa freelance kamu dengan harga yang rendah bahkan gratis.

Ambil pengalaman awal ini untuk menambah portofolio dan referensi sebanyak-banyaknya, sehingga walau pengerjaan ini gratis maupun berharga di bawah standar, Anda tetap wajib memberikan hasil yang terbaik. Selanjutnya Anda bisa menawarkan portfolio Anda kepada pihak lain dengan harga yang layak.

2. Bangun Portfolio

Sesuai pada poin 1 di atas, berikut langkah – langkah yang dapat Anda lakukan untuk membangung portfolio :

  • Tawarkan jasa Anda pada teman dan keluarga.
  • Gunakan projek yang relevan ketika Anda masih sekolah atau kuliah untuk memulai langkah pertama.
  • Hubungi organisasi non profit lokal dan tanyakan apakah mereka memerlukan bantuan.
  • Cari tahu tentang sertifikasi maupun gelar yang sesuai dengan bidang jasa Anda, dan ikuti.
  • Praktek, praktek dan praktek. Jangan berhenti berkarya.

3. Hargai Diri Secara Bijak

Ketika portfolio sudah terbangun, dan Anda siap untuk mengerjakan karya dan mendapatkan bayaran, nilai jasa Anda dengan harga yang layak. Bahkan jika Anda melakukan pengerjaan ini hanya untuk bersenang-senang atau sekadar mengisi waktu luang, jangan bekerja dengan bayaran yang murah.

Hargai waktu Anda, dan tentukan seberapa berharganya waktu Anda per jam. Di sisi lain, fleksibel pula terhadap tarif dan bisa menyesuaikan pada kebutuhan klien. Lakukan pula riset terhadap harga wajar jasa yang Anda tawarkan.

4. Perhatikan Waktu

Ketika menerima pekerjaan, perhatikan pula waktunya, dan pastikan Anda bisa selesai mengerjakannya tepat waktu dengan hasil yang baik.

Daripada mengerjakan projek yang besar, Anda dapat mengatur diri Anda untuk mengerjakan bagian yang terpisah atau berbeda, sebagai contoh :

  • Menyediakan produk yang unik dan berkualitas tinggi
  • Menawarkan jasa dengen pengerjaan yang super cepat
  • Menspesialisasi diri sebagai ahli di niche yang khusus, dan berkreasilah disana.

5. Komunikasikan dengan Klien

Klien adalah sumber daya Anda yang paling besar. Jalinlah komunikasi yang baik dengan mereka, dan menjaga hubungan baik secara jangka panjang.

Ikuti langkah di bawah ini untuk menjaga komunikasi yang baik dengan klien :

  • Beri mereka update berkala terkait projek yang sedang Anda kerjakan.
  • Respon email maupun telepon mereka sesegera mungkin.
  • Kirimkan mereka draft untuk mereka tinjau sebelum Anda mengirimkan hasil akhir.
  • Apabila klien meminta Anda mengedit hasil pekerjaan Anda, maka editlah dengan sigap untuk membahagiakan hati klien.

Mintakan pula feedback atau testimoni dari klien Anda yang puas, sebagai modal Anda untuk mendapatkan projek berikutnya dengan harga yang lebih tinggi. Semakin baik apabila Anda meminta izin kepada klien tersebut untuk mencantumkan nama dan perusahaan mereka.

6. Informasikan kepada Dunia

Katakan pada dunia bahwa Anda adalah seorang freelancer. Informasikan hal ini kepada teman maupun kerabat Anda serta kepada siapa saja yang kiranya akan tertarik.

Semakin banyak yang mengetahui bahwa Anda adalah freelancer, semakin bagus. Hal ini dapat meningkatkan reputasi Anda sebagai freelancer. Jangan pernah meremehkan kekuatan ‘word of mouth’.

Selamat mempraktekkan tips ini, dan semoga sukses!

Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.