Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Budget Rendah!
liburan ke luar negeri murah tanpa visa

Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Budget Rendah!

Ada yang bilang, liburan ke luar negeri itu bikin dompet tipis, loh! Banyak yang bilang juga, liburan ke luar negeri itu cuman buat orang kaya. Loh loh? 

Sebenarnya, jika Anda tahu tips dan triknya, travelling ke luar negeri itu bisa lebih murah dibandingkan berlibur di Indonesia. Tapi, untuk bisa bertahan dengan budget yang minim, usahanya juga harus lebih besar. 

Maksudnya ‘usaha’ yang disebut-sebut diatas itu apa ya? Jadi begini, dari tahap pra-holiday sampai on-holiday, semua harus dipersiapkan dengan matang. Gimana caranya? Langsung aja, check this out!

10 Tips Berlibur ke Luar Negeri dengan Budget Rendah

tips liburan ke luar negeri hemat
Tips traveling dengan budget rendah

1. Pilih waktu liburan saat low season

Pilihlah waktu low season. Pintar-pintar lah dalam memilih tanggal yang tepat untuk berlibur. Selain berhemat, liburan pada waktu low season juga membuat tempat wisata yang Anda kunjungi tidak penuh oleh turis. Tentunya Anda akan lebih menikmati momen liburannya bukan?

2. Dapatkan tiket pesawat murah

Transportasi yang paling efektif adalah menggunakan pesawat. Namun, harga tiket pesawat yang mahal selangit selalu menjadi kendala. Maka dari itu, carilah tiket pesawat murah. Bagaimana caranya? Ada bisa mendapatkannya panduannya secara lengkap di Tips Mendapat Tiket Pesawat Murah.

Untuk mendapat tiket pesawat yang murah, perjalanan Anda harus fleksibel, karena biasanya tanggal keberangkatan ditentukan oleh pihak maskapai. Persiapkan diri dari jauh-jauh hari. Rutin cek info harga tiket terbaru dan langganan newsletter bila perlu. 

3. Buat itinerary

Tiket pesawat pulang-pergi sudah siap? Kini saatnya Anda membuat itinerary. Hal ini sangat penting, untuk membuat perjalanan menjadi lebih terarah. Lakukan riset yang mendalam mengenai lokasi-lokasi wisata yang ingin Anda kunjungi. Dari mulai jam buka, harga, alamat, dan tips berwisata di tempat tersebut.

Setelah mengetahui dimana saja tempat wisata yang ingin Anda kunjungi, tentu saja akan ada gambaran dimana Anda akan memesan hotel atau akomodasi lainnya. Pilihlah lokasi paling strategis, ini dapat menghemat biaya. 

4. Pesan tiket wisata secara online

Dibandingkan membeli tiket masuk tempat wisata secara langsung, memesan secara online itu terbukti lebih mudah dan murah loh! Ada banyak promonya juga! Misalnya, Anda berencana pergi ke Singapura dan mengunjungi Universal Studio, Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah ketika memesannya secara online di Klook, Traveloka, atau aplikasi lainnya.  

5. Pesan akomodasi dari jauh-jauh hari

Anda bisa memesan akomodasi seperti hotel dengan harga yang murah, jika Anda memesannya dari jauh-jauh hari. Mendapatkan promo hotel tentu saja lebih mudah dibandingkan mencari promo tiket pesawat. 

Dengan budget yang minim, siapa bilang hanya bisa menginap di losmen yang seadanya saja? Tidak! Jika semua dipersiapkan dari jauh, ada kemungkinan Anda mendapatkan akomodasi bintang 5 dengan harga yang terjangkau loh! 

6. Beli kartu SIM untuk internet

Kuota internet adalah hal yang sangat penting ketika liburan ke luar negeri. Namun, biaya roaming menggunakan kartu SIM Indonesia tentu sangat mahal. Gunakanlah kartu SIM yang berasal dari negara yang dituju. 

Sebagai saran juga, jangan membelinya secara langsung! Sebisa mungkin, carilah aplikasi travel yang menjualnya secara online, anda juga bisa mencari di marketplace online sebelum keberangkatan. Jika Anda membeli secara langsung, harganya bisa 2x lipat. Lumayan kan, uangnya bisa dipakai untuk beli oleh-oleh?

7. Gunakan kartu kredit

Loh, loh, loh? Kok malah disuruh ngutang? Ketika Anda bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak, bukan berarti anda ngutang loh! FYI, kebanyakan promo-promo tiket pesawat dan akomodasi di luar negeri itu didapatkan di website travel luar negeri (contoh: skyscanner.com). 

Untuk melakukan transaksi pada situs tersebut, Anda tidak bisa menggunakan debit card atau pembayaran via Alfamart/Indomaret. Biasanya, pembayaran yang diterima itu menggunakan kartu kredit berlogo mastercard/visa atau juga menggunakan paypal. Sebagai alternatif, Anda bisa juga menggunakan layanan kartu kredit virtual seperti VCN dari BNI

7. Cari tempat wisata yang gratis

Ada banyak tempat wisata yang tidak membutuhkan tiket masuk ketika Anda mengunjunginya. Entah itu taman, pantai, monumen bersejarah, dan sejenisnya. Perbanyaklah untuk berwisata ke tempat seperti ini. Tidak hanya berhemat saja, biasanya tempat wisata seperti ini juga bersifat lebih bebas dan leluasa.

8. Berburu street food

Menyantap makanan lezat itu tidak harus datang ke restoran mahal saja. Berburu street food bisa menjadi alternatif yang sangat cocok untuk Anda yang ingin liburan ke luar negeri murah.

Terkadang, di beberapa negara, porsi makanan street food itu tidak sedikit loh! Bahkan, sangat cukup untuk membuat perut menjadi kenyang. Jangan samakan dengan street food di Indonesia ya!

9. Gunakan transportasi umum 

Gunakan selalu transportasi umum seperti bis, MRT, LRT, dan sejenisnya. Jangan gunakan taksi jika memang masih ada rute yang dilewati oleh transportasi umum tersebut. Hal ini akan membantu Anda untuk berhemat. Selain itu, bepergian menggunakan transportasi umum di luar negeri juga akan membuat pengalaman liburan lebih menantang.  

10. Beli oleh-oleh secukupnya

Oleh-oleh memang selalu menjadi budaya orang Indonesia ketika berlibur ke luar negeri. Selalu saja harus ada buah tangan yang ingin dibeli untuk kerabat atau teman tercinta. Sayangnya, oleh-oleh biasanya yang menyebabkan dompet menipis saat liburan ke luar negeri. 

Maka dari itu, sebaiknya Anda mempersiapkan daftar oleh-oleh yang ingin dibeli secukupnya. Jika terlalu berlebihan, Anda juga akan kerepotan untuk membawanya pulang ke Indonesia. Jangan sampai kelebihan bagasi hanya karena buah tangan saja! Bisa-bisa, Anda harus membayar bagasi tambahan!

Setelah mengetahui tips-tips diatas, kini saatnya Anda mempraktekkannya! Jadi, tidak usah bingung lagi, ada banyak cara untuk liburan ke luar negeri budget 5 juta saja misalnya, atau bahkan dengan budget yang lebih rendah dari itu. 

Ketika saya pergi liburan, saya selalu mengingat kata-kata ini,

Perjalanan wisata adalah salah satu hal dalam hidup yang akan membuatmu kaya, open minded, dan menghargai ciptaan Tuhan.

Ingat, definisi ‘Kaya‘ itu tidak hanya dalam keuangan saja! Berwisata bisa membuat Anda menjadi lebih kaya akan budaya, kaya akan pertemanan, dan kaya akan informasi.

Tunggu apalagi? Segera kemas barang-barangmu, persiapkan untuk berlibur ke luar negeri, terapkan tips-tips diatas. Ada saran lain? Yuk diskusi di kolom komentar!

Written by
Mendy Aisha
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.