Tips Membuat CV Untuk Fresh Graduate
Panduan membuat curriculum vitae
Panduan membuat curriculum vitae

Tips Membuat CV Untuk Fresh Graduate

Lulus dari jenjang pendidikan Perguruan Tinggi merupakan kebahagian bagi mahasiswa ataupun mahasiswi. Perjuangan menempuh pendidikan selama kurang lebih empat tahun terbayar saat lulus. Namun tantangan sudah menghadang didepan mata, dimana saat menentukan pilihan untuk bekerja sebagai karyawan disebuah perusahaan. Maka kita akan berhadapan dengan proses perekrutan karyawan diperusahaan yang kita tuju.

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melamar sebuah pekerjaan. Diantaranya adalah membuat Curirculum Vitae (CV) fungsi CV sendiri adalah untuk menjelaskan secara tertulis ringkasan pendidikan, keahlian dan ketrampilan kita, penguasaan bahasa dan biodata diri kita. Berikut ini kami akan berikan beberapa tips untuk membuat CV bagi anda seorang fresh graduate.

Cantumkan Riwayat Pendidikan dengan Ringkas

Riwayat pendidikan merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah CV. Ketika anda menuliskan riwayat pendidikan anda usahakan untuk dibuat singkat. Mengapa harus dibuat singkat? karena seperti kita ketahui bahwa sampai ke jenjang perguruan tinggi ada beberapa tingkatan sekolah yang kita jalani. Sementara jika semua dimasukkan tentu akan membuat sang penerima CV agak malas karena sebenarnya yang paling dilihat adalah riwayat terakhir pendidikan anda. Cukup cantumkan jenjang pendidikan mulai dari tingkat SMU hingga Perguruan Tinggi.

Gunakan Huruf yang Mudah Dibaca

Huruf yang kita gunakan menentukan mudah tidaknya CV kita dibaca oleh HR sebuah perusahaan. Usahakan menggunakan huruf yang mudah dibaca dan rapi untuk memudahkan membacanya. Ingat yang menilai CV anda adalah orang lain jadi seyogyanya anda seolah-olah berada diposisi mereka sebagai pemeriksa. Huruf-huruf yang biasanya digunakan dalam penulisan CV adalah Times New Roma, Arial dan Tahoma. Serta gunakan ukuran huruf yang sekiranya terbaca tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Masukkan Keahlian dan Ketrampilan Anda

Saat melamar sebuah pekerjaan fungsi CV adalah sebagai ajang promosi diri kita kepada HRD perusahaan yang dituju. Jadi jangan sungkan untuk memasukkan keahlian dan ketrampilan anda yang memang mendukung untuk posisi pekerjaan yang dilamar.

Jika anda seorang lulusan Teknik Sipil cantumkanlah kemampuan anda dalam analisa bangunan yang didukung dengan Sertifikat dari lembaga yang kompeten.

Mungkin keahlian anda memang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan yang ditawarkan. Namun ada baiknya anda tidak memasukkan keahlian yang memang tidak berhubungan dengan posisi yang dilamar. Agar tidak membuat bingung orang yang memeriksa CV anda.

Gunakan Desain yang Menarik

Desain sebuah CV saat ini sangat beragam, tidak seperti dahulu yang tanpa template yang menarik. Anda tidak harus pusing-pusing untuk mencari desain bagi CV anda. Karena saat ini di dunia online ada banyak template menarik untuk CV dan itu semua gratis.

Salah satu website yang menyediakan template CV adalah canva.com , disini banyak pilihan tempate yang bisa anda pilih untuk menunjang tingkat profesionalitas anda. Usahakan untuk tidak menggunakan template CV yang kurang formal karena akan berdampak pada penilaian awal diri anda.

Berikan Informasi yang Benar

Jika anda membuat sebuah CV maka berikanlah informasi yang sebenarnya. Anda tidak perlu mengurangi atau menambahkan sesuatu yang tidak ada dalam diri anda. Informasi yang benar merupakan step pertama yang bisa membantu anda untuk melangkah menuju proses selanjutnya dalam perekrutan karyawan disebuah perusahaan.

Cantumkan Nomor Handphone dan Alamat Email

Terakhir anda jangan sampai kelupaan untuk mencantumkan nomor handphone atau alamat email yang bisa dihubungi. Karena jika anda lolos tahap seleksi berkas maka pihak HRD akan menghubungi anda. Jika nomor handphone atau alamat email tidak ada maka akan sulit mereka untuk menghubungi anda. Dan peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut menjadi hilang.

Lakukanlah tips-tips diatas untuk membantu CV anda agar lebih terlihat profesional walaupun anda masih seorang fresh graduate. Berikut kami berikan contoh desain CV yang menarik untuk anda.

Contoh curriculum vitae yang lengkap
Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.