Laku Keras, Ini Tips Memulai Bisnis Kuliner dari Nol

Laku Keras, Ini Tips Memulai Bisnis Kuliner dari Nol

tips memulai bisnis kuliner
tips memulai bisnis kuliner

Cara memulai bisnis kuliner dari nol adalah hal yang banyak dicari dan harus diketahui oleh pebisnis pemula. Kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan makanan memang dapat dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan.  Bisnis kuliner dapat dengan mudah Anda lakukan, tetapi kemungkinannya untuk gagal juga tinggi.

Oleh karena itu, dalam memulai bisnis kuliner, Anda harus mengetahui cara dan strategi yang tepat agar bisnis yang Anda jalankan dapat berkembang dan bertahan lama. Berikut ini beberapa cara untuk memulai bisnis kuliner dari nol ala Bizbox.id:

Menetapkan Target Pasar

Cara memulai bisnis kuliner dari nol dapat Anda awali dengan menetapkan target pasar yang akan dituju. Dengan mengetahui target pasar, Anda akan mengetahui dengan baik apa yang harus Anda lakukan ke depannya.

Beberapa hal yang harus Anda pahami dalam cara ini antara lain membuat perkiraan siapa calon konsumen akan yang Anda tuju, menyurvei bisnis dari kompetitor Anda, memperhatikan review konsumen dari bisnis kompetitor, bicara dengan pelanggan dan lain sebagainya.

Membuat Konsep Bisnis

Cara pertama di atas masih dalam bentuk ide bisnis, sehingga untuk mewujudkannya menjadi kenyataan adalah menuangkannya ke dalam konsep bisnis. Dengan membuat konsep bisnis, Anda akan lebih jelas mengetahui dengan rinci bisnis yang akan Anda jalankan.

Di dalam konsep bisnis Anda harus dengan matang menentukan ringkasan dari semua bagian rencana bisnis yang tersusun dari deskripsi perusahaan, analisis pasar, menu, pegawai, desain tempat, lokasi, strategi pemasaran, kerja sama pihak ketiga dan analisis keuangan.

Menentukan Desain Produk/Kuliner

Desain produk bertujuan untuk menentukan inti dari produk yang akan Anda jual. Pada cara ini, Anda harus dengan yakin menentukan harga pokok penjualan, serta kualitas dari produk itu sendiri seperti bahan baku, rasa, dan kemasan.

Usahakan untuk memiliki produk yang berciri khas. Ciri khas tersebut dapat berupa resep makanan turun temurun, lokasi restoran yang klasik, kuliner unik dan kekinian serta hal lainnya yang menarik minat konsumen.

Menentukan Lokasi Usaha Kuliner

Apabila produk kuliner telah Anda tentukan, cara berikutnya adalah menentukan lokasi usaha yang tepat. Apalagi jika lokasi usaha kuliner itu bukan milik Anda atau sewa, Anda harus lebih cermat menentukan segala aspek teknisnya. Bicarakan matang-matang dengan pemilik lokasi tersebut.

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih lokasi usaha kuliner antara lain memilih tempat yang mudah terlihat serta dilengkapi dengan fasilitas kendaraan maupun tempat-tempat umum, menyediakan area parkir, dan menentukan ukuran tempat.

Menentukan Promosi Usaha yang Menarik

Produk kuliner dan lokasi usaha yang tepat harus dibarengi dengan promosi yang menarik agar sempurna. Promosi usaha dapat Anda lakukan secara langsung maupun tidak langsung. Promosi secara langsung dapat dilakukan dari mulut ke mulut. Sedangkan, untuk promosi tidak langsung Anda dapat menggunakan berbagai media.

Apabila Anda menginginkan promosi yang gratis, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi sosmed gratis. Nah, untuk Anda yang memiliki anggaran berlebih, Anda dapat mempromosikan usaha Anda melalui papan nama, spanduk, pamflet, ataupun bekerja sama dengan aplikasi antar produk kuliner.

Melakukan Perizinan Usaha Kuliner

Cara ini sangat berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan usaha kuliner Anda. Perizinan usaha berkaitan dengan Surat Izin Usaha, NPWP, sertifikat Halal MUI dan lain-lain.

Dari informasi cara memulai bisnis kuliner dari nol di atas, semoga dapat memberikan pencerahan untuk Anda yang sedang ragu dalam memulai usaha. Terus bersabar dan kerja keras perlu diterapkan dalam merintis usaha.

Join the discussion

Please note

This is a widgetized sidebar area and you can place any widget here, as you would with the classic WordPress sidebar.