Tips Mencari Open Trip Karimunjawa
snorkling-dengan-ikan-di-karimunjawa
Snorkling selalu jadi pilihan menarik

Tips Mencari Open Trip Karimunjawa

Ada beberapa orang yang lebih menyukai aktifitas traveling dengan itinerary yang sudah terjamin. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot menyusun jadwal dan mencari informasi sendiri.

Anda yang ingin berlibur ke Karimunjawa dengan segala kemudahan tersebut, bisa mencoba untuk mencari open trip dari agen yang terpercaya. Tapi, bagaimana caranya, apa saja tips dan trik agar mendapat agen yang berkualitas dengan harga yang terjangkau? Berikut tips mencari open trip Karimunjawa yang bisa dipraktekkan!

Tips Mencari Open Trip Karimunjawa yang Berkualitas

1. Pemilihan waktu yang tepat

Ketika Anda berencana melakukan open trip ke Karimunjawa, tentu Anda harus mempersiapkan waktu yang tepat sebelum memastikan tanggal keberangkatan.

Cobalah untuk memilih waktu pada bulan April hingga November. Biasanya, pada waktu tersebut cuacanya bisa sangat cerah dan pemandangannya terlihat sangat indah. Namun, Anda juga harus berhat-hati, pilihlah tanggal low season. Karena percuma saja jika pemandangannya indah namun terlalu banyak turis yang datang.

Pada waktu tersebut, ombak yang ada disekitar lautan Karimunjawa maupun penyebrangan sedang dalam keadaan yang baik. Hal itu akan membuat Anda lebih nyaman.

Beberapa agen penyedia open trip juga biasanya menawarkan harga yang berbeda. Tentunya harga akan lebih mahal pada high season dibandingkan dengan low season.

2. Perhatikan legalitas penyedia open trip

Sangat penting untuk memilih jasa perjalanan dengan legalitas yang valid. Setidaknya, carilah penyedia open trip dengan branding yang tidak tanggung-tanggung.

Karena sekarang ini sudah zaman yang apa-apa teknologi, tentunya Anda bisa mencari di internet. Hanya dengan memasukkan keyword saja, akan ada banyak daftar website agen penyedia open trip Karimunjawa yang bisa Anda pilih.

Tapi, tidak semudah itu, setidaknya, pilihlah agen penyedia open trip dengan kualifikasi sebagai berikut,

  • Terdapat company profile
  • Mempunyai pengelolaan website yang baik. Hal itu bisa dicerminkan dengan informasi yang up to date dan informatif
  • Mencantumkan contact person dan alamat resmi kantor yang valid
  • Harga tercantum dalam website
  • Memberikan paket wisata open trip yang bervariasi
  • Mencantumkan testimoni asli dari pelanggan
  • dsb.

Sebagai contoh, thekarimun.com bisa jadi referensi yang baik sebagai agen tour dan travel Karimunjawa.

3. Cari warga lokal

Ada baiknya jika Anda melakukan perjalanan dengan warga lokal, karena akan memberikan banyak keuntungan. Tentu mereka sudah tahu kemana akan membawa Anda, tempat wisata mana saja yang terbaik untuk dikunjungi, bahkan spot terpencil sekalipun.

Melakukan open trip dengan warga atau biro perjalanan lokal juga tentunya akan lebih terjangkau dari segi biaya. Ditambah, perjalanan juga akan lebih aman.

3. Membaca ulasan sebelum memilih open trip

Akan ada banyak sekali agen perjalanan Karimunjawa. Hal tersebut tentu saja membuat Anda kebingungan untuk memilih. Untuk mengatasi hal tersebut, yang paling utama adalah membaca ulasan mengenai agen tersebut.

Gampang saja, lakukan riset beberapa agen travel di internet, kemudian pilih lima terbaik. Dari lima pilihan tersebut, carilah ulasan para pelanggan mengenai servis yang ditawarkan. Apakah menyenangkan atau sebaliknya?

4. Pastikan biaya yang dibutuhkan sudah mengcover semua kebutuhan

Jangan sampai Anda membayar diluar harga yang tercantum pada kesepakatan awal. Jangan mau membayar jika nantinya mereka meminta uang tambahan dengan berbagai alasan, baik untuk transportasi atau akomodasi lainnya.

Untuk menghindari hal tersebut, sebelum memilih biro perjalanan mana, sebaiknya pastikan terlebih dahulu. Tanyakan dengan detail, apa mereka membutuhkan biaya tambahan atau tidak. Karena terkadang, banyak orang yang terjebak karena hal ini selalu tidak ditanyakan diawal lho!

5. Perhatikan alat transportasi yang digunakan

Salah satu hal yang wajib ditanyakan kepada penyedia open trip yang akan Anda pilih adalah alat transportasi. Untuk tiba d Karimunjawa, tentunya Anda harus menyeberang dengan menggunakan kapal laut. Setelah tiba, tidak mungkin Anda dan rombongan berjalan kaki ke setiap tempat wisata bukan?

6. Pilih yang menyediakan asuransi

Keadaan alam di Karimunjawa akan berbeda dengan lingkungan sehari-hari atau lingkungan kota. Dengan demikian, cobalah untuk mempersiapkan fisik dengan lebih baik lagi, agar anda bisa menikmati aktifitas dengan lebih nyaman.

Karena bertemakan wisata alam, tentunya semua aktifitas wisata di Karimunjawa membutuhkan kondisi fisik yang baik. Misalnya snorkeling, diving, bersepeda dan sejenisnya. Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan, pilihlah penyedia open trip yang sudah menyediakan asuransi perjalanan, atau setidaknya menyediakan P3K.

mencari open trip liburan ke kearimunjawa
Mencari open trip liburan ke kearimunjawa

7. Perhatikan dimana Anda akan menginap

Sebagai salah satu konsumen, anda berhak untuk menanyakan apapun yang berhubungan mengenai perjalanan anda nanti. Salah satu hal yang tidak luput dari pertanyaan adalah lokasi penginapan yang harus membuat nyaman selama berwisata.

Agen wisata open trip Karimunjawa yang baik tentunya akan memberikan pilihan kamar hotel. Apa yang Anda butuhkan? kamar keluarga, kamar bergaya backpacker, atau kamar romantis khusus untuk bulan madu?

8. Pilih agen yang menyediakan dokumentasi gratis

Dokumentasi itu sangat penting sekali di era milenial ini. Tentunya Anda ingin mengabadikan momen bahagia selama liburan kan? Akan sangat eksklusif sekali jika ada fotografer profesional yang meliput kebahagiaan tersebut selama di Karimunjawa.

Setelah perjalanan selesai, Anda bisa mengunggah gambar atau videonya di media sosial seperti facebook, instagram, dsb. Kalau bisa, cari agen yang menyediakan dokumentasi bawah laut untuk meliput selama snorkeling atau diving.

snorkling-dengan-ikan-di-karimunjawa
Snorkling selalu jadi pilihan menarik

9. Apakah mereka mempersiapkan peralatan snorkeling?

Ketika berlibur ke Karimunjawa, aktivitas yang tidak mungkin dilewatkan adalah snorkeling. Sudah jauh-jauh ke Karimunjawa, tidak mungkin Anda melewatkan keindahan bawah lautnya bukan?

Carilah agen wisata yang sudah menyediakan peralatan snorkeling. Jika tidak, akan repot lho! Pilihannya ada dua, membawa peralatan sendiri atau harus menyewa disana. Tentu akan cukup repot membawa peralatannya sendiri, dan jika menyewa disana? Lagi-lagi Anda harus mengeluarkan uang untuk penyewaan.

Jadi, pastikan paket open trip yang Anda pilih sudah termasuk dengan peralatan snorkeling atau diving. Perhatikan juga dengan peralatan-peralatan wisata lainnya ya!

10. Konsumsi juga harus jelas

Jangan hanya terfokus dengan fasilitas wisata saja. Makanan juga sangat penting lho! Tentu Anda tidak ingin kelaparan selama berlibur di Karimunjawa bukan? Oleh karena itu, pastikan agen wisata memberi makan setidaknya 3x sehari.

Bahkan, lebih eksklusif lagi jika penyedia open trip menyediakan BBQ untuk Anda dan rombongan lain. Pasti kehangatan dan atmosfer open trip nya akan lebih hidup!

Tips mencari open trip Karimunjawa diatas mencakup hal-hal dasar yang harus diperhatikan untuk memilih agen wisata yang benar-benar berkualitas, berpengalaman, dan harga terjangkau. Sebagai saran, Anda bisa menggunakan biro wisata thekarimun.com.

Written by
Mendy Aisha
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.