Tips Packing saat Pindah Rumah Anti Panik
tips pindahan rumah
Tips pindahan rumah

Tips Packing saat Pindah Rumah Anti Panik

Pindah rumah merupakan hal yang bisa merepotkan bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan banyak barang-barang dirumah lama yang harus diangkut ke rumah baru. Tentu saja tidak sedikit barang yang dipindahkan. Jika tidak teliti biasanya akan ada barang yang terselip atau bahkan hilang saat dicari dirumah yang baru.

Jika anda memiliki rencana untuk pindah rumah dalam waktu dekat ini, tidak ada salahnya anda mengikuti beberapa tips dari kami. Agar proses pindahan anda lebih lancar dan rapi.

Kemas Barang-Barang dari Tiap Kamar

Saat kita mengemas barang-barang yang akan dibawa, maka masukkan barang yang berada pada satu kamar kedalam sebuah box besar. Langkah ini akan memudahkan proses pencarian barang saat dirumah baru. Karena semua barang dikamar tersebut berada dalam sebuah box, kita tinggal mengeluarkan saja isi box tersebut.

Tentu akan berbeda jika kita memisahkan barang-barang yang ada dikamar. Saat akan menaruhnya ditempat baru kita akan kesulitan mencarinya.

Siapkan Kendaraan Untuk Mengangkut Barang

Dengan membawa beban yang cukup berat dan mungkin perjalanan yang agak jauh. Maka persiapkanlah kendaraan anda, chek kondisi mobil terutama dibagian mesin dan ban. Ketika pengecekan kendaraan sudah dilakukan maka akan mengurangi resiko mobil mengalami pecah ban atau mogok dijalan.

Untuk kendaraan yang digunakan biasanya tergantung dari jumlah barang yang dibawa, jika barang anda cukup banyak maka disarankan menggunakan truk, namun jika ternyata barang anda sedikit ada baiknya menggunakan kendaraan yang lebih kecil seperti pickup.

Organisir Barang-Barang Anda

Ketika semua barang sudah dimasukkan dalam box atau tempatnya. Anda perlu untuk mengorganisir box tersebut saat akan diletakan dalam mobil. Hal ini bertujuan untuk barang yang keluar terlebih dahulu lebih mudah diambil, tidak tertumpuk dibagian belakang atau tengah mobil.

Simpan Barang Kesukaan Anda

Setiap orang memiliki barang-barang yang ia cintai. Agar tidak terjadi kehilangan barang-barang yang anda cintai sebaiknya anda memasukkan barang-barang tersebut dalam satu box yang memiliki identitas khusus. Bisa anda tuliskan dibox tersebut atau anda berikan warna untuk membedakannya.

Gunakan Box Kecil Untuk Menyimpan Buku

Anda memiliki banyak koleksi buku, maka sebaiknya disimpan dalam wadah yang berukuran kecil. Selain untuk membedakan dengan barang lainnya, hal ini akan berdampak pada space kosong bagi barang-barang lainnya yang lebih besar.

Memberi Ciri Khas Pada Masing-Masing Box

Ketika anda sudah memasukkan barang-barang, maka berilah tanda pada masing-masing box agar mudah dikenali. Dalam setiap proses pindahan banyak barang yang kita bawa, tentu akan menyulitkan jika tidak ada tanda dalam box yang kita punya. Inilah salah satu alasan mengapa box tersebut harus diberi tanda.

Tinggalkan atau Jual Barang yang sudah tidak digunakan

Jika sebelum pindahan anda masih memiliki banyak barang. Sebaiknya anda pilih mana barang yang masih dipergunakan dan mana barang yang sudah tidak terpakai. Jika barang yang sudah tidak terpakai cukup banyak sebaiknya anda tinggalkan atau anda jual ke pedagang rongsokan.

Karena jika anda memaksa untuk membawanya maka akan memerlukan tempat penyimpanan yang cukuo besar, Anda akan semakin ringan untuk berpindah karena banyak barang yang tidak dibawa serta dapat menambah pemasukan dari hasil penjualan barang bekas.

Gunakan Bantal Untuk Barang yang Mudah Pecah

Proses pengemasan barang-barang yang mudah pecah tidaklah mudah. Anda kami sarankan agar menyiapkan bantal untuk dimasukkan ke dalam box yang berisi barang yang mudah pecah. Dengan tambahan bantal akan melindungi barang tersebut dari resiko pecah.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang akan pindah rumah.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.