Tips Pemasaran Dengan Email Blast
pemasaran dengan email blast
Pemasaran dengan email blast

Tips Pemasaran Dengan Email Blast

Era digital seperti saat ini memberikan pengaruh pada dunia pemasaran. Jika dahulu banyak perusahaan berlomba-lomba untuk memasang iklan di koran, televisi, dan billboard dipinggir jalan, kini media tersebut sudah mulai sedikit dipinggirkan.

Biaya yang cukup mahal menjadi salah satu penyebabnya, mungkin bagi sebagian perusahaan besar dengan budget iklan yang besar pula. Media tersebut masih banyak digunakan, namun untuk anda yang masih dalam kategori usaha menengah tidak ada salahnya anda menerapkan strategi pemasaran baru dengan menggunakan email blast. Ada beberapa keuntungan jika anda menggunakan metode email blast untuk pemasaran produk anda yakni :

  • Lebih Ekonomis
  • Audience Sesuai Target
  • Terukur
  • Mudah dibuat
  • Mudah di sebar

Ternyata saat ini masih banyak para pelaku usaha yang belum memahami cara pemasaran melalui email blast. Hal ini dikarenakan kurang informasi ataupun memang belum mau menerapkannya. Memang dalam pemasaran menggunakan email blast ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya adalah agar terjadi konversi penjualan yang tinggi sehingga bisa meningkatkan omset usaha anda. Berikut kami berikan beberapa tips untuk anda yang ingin menggunakan email blast untuk memasarkan produk anda.

Start With Why

Mengapa pembaca email harus membuka dan membaca email kita? Kenapa email ini dikirim ? Kenapa produk ini ada ? Kenapa solusi ini penting ? Kenapa harus beli produk ini ? Sebelum ke inti pesan, email kita harus bisa menyentuh faktor pendorong paling powerful dalam pikiran manusia yakni mengapa?

Email kita hanya memiliki waktu beberapa detik untuk menarik perhatian pembacanya saat email itu tiba di smartphone atau laptop mereka. Jadi buatlah statement pernyataan alasan yang kuat agar email anda dibuka oleh responden.

Tulislah Email Untuk di Scan

Mayoritas orang tidak akan membaca tulisan email kita. Mereka biasanya hanya akan mencari bagian-bagian penting dimana mereka harus bertindak. Untuk itu buatlah email yang mudah di scan dengan cara:

  • menggunakan paragraf pendek
  • gunakan huruf bold pada kata-kata kunci
  • gunakan gambar untuk menjelaskan hal sulit.

Menggunakan Kalimat Aktif

Kalimat pasif akan menghancurkan peluang email kita menjadi terlihat seperti obrolan. Sebisa mungkin selalu gunakan kalimat aktif. Contohnya seperti ini dibanding menggunakan kalimat “bisnis ini dijalankan” lebih baik menggunakan “Anda menjalankan bisnis ini”. Dengan penggunaan kalimat aktif seolah mengajak penerima email berinteraksi dengan anda.

Story

Gaya penulisan email sebaiknya seperti anda sedang bercerita. Layaknya kita bercerita dengan orang yang berada didepan kita saat sedang makan siang bersama. Cerita akan lebih mudah masuk kealam bawah sadar dan mempengaruhi emosi.

Hindari Jargon

Sebisa mungkin hindari jargon-jargon dalam bidang bisnis kita. Apa lagi jika istilah-istilah dalam bahasa asing. Gunakan alternatif kata yang lebih umum untuk dipahami oleh masyarakat. Jika terpaksa harus menggunakan jargon atau istilah spesifik, jelaskan terlebih dahulu dengan detail, sebisa mungkin menggunakan analogi dan contoh dalam menjelaskannya. Jangan sampai anda menulis kalimat yang mungkin tidak dimengerti oleh masyarakat.

Desain Email yang Menarik

Secara umum lebih banyak orang yang tertarik dengan sesuatu yang secara visual menarik. Maka dalam menjalankan email blast pun kita harus mempersiapkan desain email yang menarik. Tidak harus berwarna-warni namun buatlah tampilan sederhana yang menarik sehingga menggugah orang lain untuk membukanya. Lebih baik anda mempersiapkan dulu desain apa yang cocok dengan target audience produk anda untuk menyesuaikan dengan desain email yang akan dikirim.

Saat ini tinggal menunggu anda mencoba menjalankan beberapa tips diatas untuk mempromosikan produk anda melalui email blast. Semoga bermanfaat”.

Written by
Sheila Putri
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.