Tips Realistis Mendapat Tiket Pesawat Murah
tiket pesawat dengan harga murah

Tips Realistis Mendapat Tiket Pesawat Murah

Salah satu kendala bagi semua orang ketika liburan adalah tiket pesawat dan akomodasi yang mahal. Orang-orang sibuk mencari tiket promo dari beberapa maskapai penerbangan.

Jika Anda mengandalkan tiket pesawat murah melalui promo tanpa usaha, itu sama saja seperti menanti lotre yang bersifat untung-untungan.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Disini saya akan membagikan pengalaman selama berburu tiket pesawat dengan harga yang murah. Mungkin pengalaman ini bisa menjadi tips yang bisa Anda praktekkan. Simak tipsnya dibawah ini.

Tahap Persiapan

Sebelum berburu maskapai dan akomodasi dengan harga yang murah, anda harus mempersiapkan berbagai hal. Tentunya hal ini akan membuat tujuan Anda lebih terarah. Tahap persiapan meliputi: 

1. Tentukan tujuan Anda

Tentukan tujuan kemana Anda akan pergi. Apakah akan pergi ke Singapura, Malaysia, Eropa, UK, US, Bali, Raja Ampat, atau mungkin Labuan Bajo? Mantapkan diri, diskusikan dengan partner liburan Anda. Jangan sampai plin plan saat memilih destinasi.

2. Tentukan tanggal keberangkatan

Setelah mantap dengan tujuan berlibur, kini saatnya untuk menentukan tanggal. Karena masih tahap persiapan, tanggal keberangkatan tentunya tidak bersifat mutlak. Anda bisa menentukan waktu secara garis besar saja. Katakanlah berangkat di Bulan September, Oktober, atau Januari.

Sebagai saran, hindari waktu-waktu high season seperti pada tahun baru, hari raya, hari libur bersama, dan liburan sekolah. Karena harga tiket pesawat dan akomodasi saat high season bisa membuat dompet menjerit, bisa 2-3x lipat dari biasanya.

3. Ketahui maskapai apa saja yang menyediakan rute ke tujuan

Ini penting untuk berburu tiket pesawat dengan harga yang murah. Gampang saja, saya beri contoh. Misalnya tujuan Anda adalah Australia, maskapai yang menyediakan rute ke Australia dari Indonesia adalah Scoot, Jetstar, Tiger Air, Garuda, Malindo, China Southern, dsb.

Setelah mengetahui semua maskapai yang melayani rute tersebut, carilah yang paling murah. Untuk rute Australia, Jetstar bisa dikatakan yang paling murah dan bisa dikategorikan sebagai maskapai low budget. Agar ada opsi lain, anda juga bisa mempertimbangkan Scoot misalnya. Catat baik-baik.

Cara Mendapat Tiket Pesawat Murah

Setelah melewati tahap persiapan yang telah dijelaskan diatas, kini saatnya mempraktekkan tips realistisnya. Simak baik-baik.

1. Melalui travel agent

Ada banyak travel agent yang menjual tiket pesawat dengan harga yang murah. Biasanya, travel agent sudah bekerja sama dengan pihak maskapai, jadi tenang saja, tiketnya pasti resmi! Carilah agen yang terpercaya dan sudah bertahun-tahun menggeluti bisnis tersebut.

Karena Anda sudah mempersiapkan tanggal keberangkatan, akan sangat mudah untuk membidik tiket murah dari travel agent. Biasanya, promo-promo akan dikeluarkan dalam jangka waktu 1-3 bulan sebelum keberangkatan. Jadi, stay tune terus ya!

2. Melalui aplikasi travel

Jangan hanya berburu tiket di Traveloka, Pegi-Pegi, atau Agoda saja. Jika bisa, download semua aplikasi travel! Akan ada banyak promo yang bisa didapatkan.

Tentunya Anda harus usaha juga, sering-seringlah membuka promo dan mengecek harga maskapai pada setiap aplikasi. Gunakan fitur subscribtion untuk mengetahui promo-promo terbaru yang ditawarkan. 

Pantau juga fluktuasi harga pada tanggal yang Anda bidik. Untuk membantu mengetahui fluktuasi tersebut, Anda bisa menggunakan SkyScanner. Aplikasi yang satu ini bisa dibilang paling usefull dan favorit bagi saya (Baca: bukan promosi lho!). Berikut saya beri tutorial untuk memantau harga di SkyScanner.

tips tiket pesawat harga murah
  • Buka aplikasi SkyScanner pada smartphone Anda (disini saya menggunakan iOS)
  • Masuk ke halaman ‘Flights’

Sesuai dengan contoh yang saya ilustrasikan, disini tujuannya adalah Australia  (Melbourne) dan saya berangkat dari Jakarta. 

  • Pilih Tab ‘One Way’, Masukan ‘Jakarta’ di kolom ‘Origin’ dan masukan ‘Melbourne’ di kolom ‘Destination’
  • Selanjutnya, tentukan tanggal yang ingin dipantau harganya. Masuk ke halaman ‘Date of Travel’.
cara mendapatkan tiket pesawat murah
  • Akan muncul dua pilihan tampilan: ‘Calendar’ dan ‘Chart’. Pilih tampilan ‘Chart’
  • Setelah itu, akan muncul diagram batang yang menunjukkaan harga. Untuk mencari kapan harga paling rendah dan paling tinggi, scroll ke kiri dan ke kanan.

Katakanlah Anda sudah memastikan tanggal keberangkatan secara pasti dengan harga terendah melalui riset diatas. Selanjutnya, Anda bisa terus menggunakan SkyScanner untuk memesan tiket. Atau Anda juga bisa melakukan pengecekan harga pada tanggal yang sama melalui aplikasi travel lainnya. Melakukan pengecekkan langsung di website maskapai juga sangat dianjurkan.

3. Langsung melalui website maskapai yang dibidik

Orang-orang kadang melupakan website maskapai itu sendiri karena sudah dimanjakan dengan aplikasi travel yang dengan mudah diakses. Padahal, memesan langsung dari website resmi maskapai juga banyak keuntungannya loh! (tapi ingat, tidak semuanya dapat menguntungkan)

Beberapa kali, saya mendapatkan tiket murah Rp 300 ribu ke Singapura melalui website Jetstar. Saya juga pernah mendapatkan tiket murah Bali-Perth seharga Rp 1 juta saja, masih dengan Jetstar. Bahkan, saya pernah mendapat tiket PP Jakarta-Penang-Phuket-Penang-Jakarta dengan harga Rp 1,2 juta saja melalui website AirAsia. 

Bagaimana caranya? Berlangganan newsletter! Pada tahap persiapan, sudah saya sebutkan untuk mencatat maskapai mana saja yang melayani rute ke tujuan yang dibidik. Misalnya Scoot dan Jetstar.

  • Buat akun di website resmi Jetstar dan Scoot.
  • Carilah fitur untuk berlangganan newsletter, hubungkan dengan email aktif Anda sehari-hari. 
  • Jika tersedia, aktifkan fitur newsletter dengan tujuan destinasi yang Anda bidik (Jetstar mempunyai fitur ini)
  • Jangan abaikan jika ada email masuk dari website maskapai tersebut. Setidaknya, lakukan pengecekan setiap ada email masuk.

Pihak maskapai juga dengan senang hati akan memberikan informasi mengenai promo dan harga terendah. Berdasarkan pengalaman saya, biasanya informasi itu akan datang di tengah malam, dini hari, atau di waktu subuh. Jadi, siap-siap saja ya!

4. Melalui travel fair

Mendapatkan tiket pesawat murah dengan travel fair mungkin bisa disebut sebagai opsi terakhir. Pasalnya, event ini biasanya diadakan satu tahun sekali, diadakan pada kota-kota terpilih, dan waktunya pun tidak menentu.

Tapi, apa salahnya untuk tetap dicoba? Toh memburu tiket di travel fair itu bisa sangat murah, sekalipun untuk maskapai yang menyediakan kelas bisnis atau eksekutif dengan harga fantastis.

Tips realistis diatas tentunya bisa menjadi referensi untuk Anda yang sedang mencari tiket pesawat murah. Berdasarkan pengalaman saya, cara-cara diatas selalu membuahkan hasil yang baik. Anda punya saran lain? Tuangkan saran Anda di kolom komentar ya!

Written by
Mendy Aisha
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.