10 Tips Sukses Jualan dan Marketing dengan Bulk Email
sukses jualan dengan bulk email marketing
Sukses jualan dengan bulk email

10 Tips Sukses Jualan dan Marketing dengan Bulk Email

Semua pemilik smartphone memiliki email. Bahkan untuk mendaftar dalam aplikasi media sosial dan sejenisnya diperlukan alamat email. Jelas, email marketing merupakan salah satu jalur pemasaran yang patut diperhitungkan.

Namun, tentunya isi email yang engage perlu diciptakan. Berikut 10 tips sukses jualan dan marketing dengan bulk email.

1. Menciptakan Topik

Sebelum mengirimkan email, sebaiknya ditentukan terlebih dahulu apa topik yang akan disampaikan ke pelanggan email Anda. Penentuan topik hendaknya sesuai riset, senantiasa merupakan topik yang segar dan up to date ketika dikirim kepada pelanggan.

2. Menjaga 90/10

Isi email hendaklah bukan tentang Anda maupun produk Anda, melainkan tentang pembacanya. Tulislah email yang bermanfaat dan mampu memecahkan problematika yang sedang dihadapi pelanggan Anda.

Jaga supaya isi email Anda 90% berisi konten positif dan mengedukasi, serta 10% barulah berisikan informasi mengenai produk dan jasa Anda.

3. Ciptakan Tema yang Engage

Temukan ide segar sebagai isi email yang akan disukai pelanggan Anda, sehingga email Anda tidak akan terasa membosankan. Hal ini dapat meningkatkan engagement pelanggan kepada email Anda.

Buat pelanggan Anda mau membaca isi email Anda bahkan melakukan klik pada link yang Anda selipkan pada badan email. Tawarakan insentif yang menarik dan raih perhatian mereka.

4. Prioritaskan CTA

Fokuslah pada tujuan utama Anda ketika melakukan email marketing, yaitu supaya pelanggan melakukan transaksi. Transaksi akan semakin dekat didapatkan ketika pelanggan telah melakukan CTA (Call to Action) yaitu aksi untuk melakukan klik pada link transaksi, maupun aksi menghubungi Anda untuk bertanya lebih lanjut bahkan melakukan transaksi.

Pilih konten mana yang Anda harapkan untuk mendapatkan perhatian lebih dari pelanggan, untuk kemudian dapat Anda berikan penawaran lain kepada pelanggan Anda.

5. Ringkas dan To The Point

Isi email yang bertele-tele hanya akan membuat pelanggan menutup email Anda. Padahal, tujuan email marketing ini ialah supaya pelanggan melakukan klik pada link yang telah Anda sematkan. Maka, tulislah isi email yang singkat dan to the point. Pelanggan pun akan lebih mudah memahaminya dan dapat segera mengambil keputusan.

6. Gunakan Alt Text yang Layak

Terkadang, gambar yang Anda masukkan ke dalam email, tidak muncul di email pelanggan. Salah satu alasannya karena perangkat pelanggan Anda tidak dapat memunculkan gambar tersebut. Dalam kondisi ini, Alt Text akan muncul ketika gambar tidak membuat pelanggan Anda untuk klik link yang disematkan.

7. Unsubscribe Mudah

Buat pelanggan Anda mudah menemukan link unsubscribe ketika mereka tidak ingin berlangganan email Anda. Hal ini justru akan mempermudah Anda untuk mempertahankan pelanggan yang aktif dan engage pada email Anda, serta meminimalisir email Anda ditandai sebagai spam.

8. Jangan Spam

Jangan ciptakan informasi pengirim yang terlihat spam. Buatlah email yang Anda kirimkan lebih personal, dengan menyebutkan nama dan alamat email Anda yang natural, tidak seperti robot. Sebut pula nama pelanggan Anda secara personal.

9. Ciptakan Koneksi Foto

Ketika Anda akan mengirimkan foto di badan email, pastikan foto tersebut tampak menjelaskan konten maupun informasi yang Anda sampaikan. Dengan cara ini, foto akan lebih terkoneksi ke pelanggan, serta dapat meningkatkan engagement.

10. Uji Sebelum Kirim

Uji terlebih dahulu email Anda sebelum dikirimkan, terutama lakukan pengujian pada perangkat genggam Anda. Pastikan semua link sudah menyala, foto telah muncul, informasi pengirim yang sesuai dan daftar email yang akan dikirim telah cocok. Hal seperti ini membantu Anda menjaga kesehatan daftar pelanggan.

Sekian, dan selamat menulis Email :).

Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.