Tren Digital Marketing Terbaru di 2019
Mobile marketing tren baru 2019
Mobile marketing tren baru 2019

Tren Digital Marketing Terbaru di 2019

Hari ini, disadari atau tidak, hampir setiap saat kita berinteraksi dengan konten-konten digital baik berupa tulisan, gambar, audio maupun visual. Maka tak heran apabila eksistensi brand saat ini sangat ditentukan oleh kemampuan digitalisasi dari sebuah perusahaan. Semua aktivitas yang merangkum apa dan bagaimana konten digital dari sebuah brand dapat sampai ke potensial market, itulah yang biasa disebut dengan digital marketing.

Lalu apa saja metode digital marketing yang diprediksi akan mendominasi di tahun 2019 ini? Berikut 9 model pemasaran online yang menurut kami akan bekerja paling efektif di tahun ini.

Daftar isi: mobile marketing, personalisasi, content marketing, influencer marketing, voice search, artificial intelligence, format interaktif, native ads

1. Mobile Marketing

Smarthone secara resmi merupakan tipe alat yang yang dipilih pengguna untuk mengakses internet. Optimalkan pengalaman pengguna dalam perangkat seluler ini.

2. Personalisasi

Konsumen adalah hal paling penting pada peruhaan Anda. Variasikan dan sesuaikan masing-masing titik kontak dengan target market Anda.

Langkah pertama yaitu kenali target market Anda, dan aplikasi apa yang mayoritas mereka gunakan. Anda bisa menghubungi mereka melalui Instagram bagi target market Anak muda, atau melalui whatsapp marketing bagi target market di atas itu.

3. Content Marketing

Ciptakan kontenyang memiliki nilai tambah bagi kehidupan sehari-hari customer potensial Anda. Hal ini sangat penting terutama apabila Anda mengingingkan mereka untuk menjadi customer loyal Anda.

Apabila Anda menjual peralatan memasak, konten berupa resep masakan akan menarik pengunjung yang merupakan customer potensial Anda. Jenis masakan pun dikerucutkan lagi, apakah masakan rumahan, atau kue. Semua berdasar jenis produk yang Anda pasarkan.

4. Influencer Marketing

Berikan ruang bagi para Ahli berbicara tentang produk Anda. Pilih para Influencer yang memiliki kredibilitas dan popularitas di bidang bisnis yang Anda inginkan.

Sebelum menentukan siapa influencer yang akan Anda rekrut, tentukan terlebih dahulu target market Anda. Dengan penentuan target market yang lebih spesifik, influencer dapat dipilih dengan followers influencer tersebut yang sesuai target market Anda.

influencer marketing lewat youtuber
Seorang youtuber newbie juga bisa membantu bisnis kamu

Pencarian menggunakan suara kini menjadi lebih dan sangat populer. Optimasi kampanye mesih pencari Anda sehingga dapat menggunakan bahasa yang lebih natural dan gunakan kata kunci yang panjang.

Pengguna akan lebih tertarik dengan kata kunci yang panjang tanpa perlu mengetiknya. Contoh : ‘Penjahit di Jakarta’, bisa dengan kata kunci yang lebih panjang : ‘Penjahit Khusus Baju Wanita di daerah menteng”

6. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) merupakan revolusi di dunia digital marketing yang dapat mengizinkan Anda mengetahui keinginan customer menggunakan teknologi seperti machine learning, chatbots dan Big Data Analysis.

Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui apa yang sedang sangat diinginkan customer dan hal ini sebagai peluang bagi Anda dalam menentukan kebijakan pemasaran produk dan jasa Anda.

7. Otomatisasi

Otomatisasi atau Automation beberapa aktivitas digital marketing akan menghemat waktu Anda dan meningkatkan efektivitas dan mencapai kampanye Anda.

Aktivitas yang bisa diotomatisasi seperti membuat postingan terjadwal maupun penggunaan bot yang akan mempermudah aktivitas digital marketing Anda.

8. Format Interaktif

Para pengguna tidak hanya ingin melihat konten Anda, mereka juga menginginkan untuk berinteraksi dengannya. Beberapa contohnya yaitu: 3D Experiences, 360′ Videos dan video live streaming.

Jika Anda menjual perumahan, maka format interaktif ini dapat Anda gunakan. Seperti menggunakan fitur video 360′ supaya calon customer dapat merasakan sendiri menyentuh layar HP mereka dan menggesernya hingga 360′ untuk melihat rumah yang akan dibeli secara ,menyeluruh.

9. Beriklan Secara Alami

Hal ini biasa disebut juga dengan Native Advertising. Ciptakan dan sesuaikan iklan Anda sehingga bisa terintegrasi dengan konteks dari konten yang Anda buat dengan cara yang alami, untuk membuat iklan Anda lebih relevan dan berguna untuk calon customer.

Sebagai contoh, Anda memasarkan produk perawatan kecantikan, dengan target market Anda adalah wanita yang berjerawat. Anda dapat membuat konten berisi tips mencegah dan menghilangkan jerawat sembari di akhir tips Anda dapat secara alami menyebutkan manfaat produk Anda.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.