Tugas-Tugas Seorang Manajer Perusahaan
tugas manajer perusahaan
Tugas seorang manajer perusahaan

Tugas-Tugas Seorang Manajer Perusahaan

Dalam struktur organisasi sebuah perusahaan akan dimulai dari individu dari tingkat tugas dan tanggungjawab terkecil hingga terbesar. Dimulai dari staff hingga seorang direktur. Diantara posisi staff dan direktur ada posisi manajer. Jadi jika kita lihat secara struktur manajer dapat digambarkan sebagai penghubung antara petinggi-petinggi perusahaan yang diwakili oleh direktur dengan pelaksana harian perusahaan yakni para staff.

Jika kita menelaah definisi dari manajer sendiri adalah seseorang yang ditunjuk oleh perusahaan berdasarkan pengalaman, kemampuan dan wawasannya untuk memanage setiap sumber daya manusia dibawahnya agar bersama-sama mencapai tujuan perusahaan. Memang disebuah perusahaan terdapat beberapa manager seperti manager pemasaran, manager keuangan, manager produksi, serta manager HRD. Namun secara garis besar tugas dari seorang manager dapat kita jabarkan seperti tulisan dibawah ini :

Memimpin Organisasi

Seorang manajer akan memimpin sebuah organisasi diperusahaan dimana ia ditempatkan. Secara garis besar yang dimaksud memimpin adalah dimana seorang manajer diharuskan mampu mengorganisir orang-orang yang berada bersamanya agar berjalan sesuai dengan peraturan dan tujuan perusahaan. Contohnya seorang manajer pemasaran maka ia harus mampu memimpin seluruh teamnya agar secara pemasaran sesuai dengan tujuan perusahaan. Lantas dengan seorang manajer keuangan dituntut untuk memimpin organisasi dibawahnya agar mampu mencapai tujuan perusahaan secara keuangan.

Dalam memimpin organisasi ini seorang manajer dituntut untuk memiliki wawasan yang luas serta komunikasi yang baik dengan level diatasnya maupun dibawahnya. Fungsi komunikasi ini adalah agar apa pesan dari atas dapat sampai kebawah. Seorang manajer pun tetap harus punya improve yang baik agar bisa mengikuti setiap perubahan yang terjadi.

Membangun Kepercayaan Antar Karyawan

Manajer merupakan suatu pemimpin dalam kelompok karyawan tertentu. Sebagai seorang pemimpin pasti memiliki anak buah yang berada dibawahnya. Dalam memimpin diperlukan ilmu komunikasi yang baik dimana tujuannya agar terjalin kepercayaan antara sang manajer dengan team dibawahnya.

Selain itu seorang manajer juga harus mampu membangun kepercayaan antar sesama karyawan. Tugas ini sangat penting karena jika team dibawahnya tidak saling percaya akan muncul konflik yang bisa berdampak kurang baik untuk perusahaan.

Mengembangkan Kualitas Organisasi

Tugas seorang manajer yang tidak kalah penting adalah mengembangkan kualitas organisasi. Maksud dari mengembangkan organisasi ialah menjadikan organisasi yang dipimpinnya berkembang sejalan dengan tujuan perusahaan. Pengembangan ini juga termasuk didalamnya adalah pengembangan kemampuan dari masing-masing individu yang ada didalamnya. Dengan berkembangnya kualitas organisasi harapannya memberikan pengaruh yang besar bagi perusahaan.

Mengevaluasi Kinerja Organisasinya

Setiap manajer bertugas melakukan evaluasi terhadap kinerja organisasinya. Tujuan dari evaluasi ini adalah menilai kinerja dari masing-masing orang yang berada dibawahnya. Apakah performa yang diberikan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Dalam proses evaluasi ini seorang manajer juga harus bisa memberikan reward dan punishment terhadap stafnya.

Orang-orang yang performanya baik diberikan reward yang disesuaikan dengan aturan perusahaan. Sedangkan jika performanya kurang bisa diberikan punishment yang bertujuan untuk memberikan pelajaran bagi orang tersebut maupun yang lainnya. Dalam proses evaluasi ini diperlukan obyektivitas dalam memberikan penilaian kinerja oleh sang manajer agar tidak menimbulkan konflik diinternal organisasinya.

Menjadi Pemberi Solusi

Manajer juga memiliki tugas sebagai pemberi solusi terutama untuk permasalahan-permasalahan yang ada dalam perusahaan. Permasalahan ini tidak hanya yang berada dalam organisasinya namun juga organisasi lainnya. Ia harus mampu mengarahkan, mengeluarkan ide-ide ataupun solusi terkait dengan permasalahan yang ada. Hal ini dikarenakan seorang manajer dianggap memiliki wawasan dan kapabilitas untuk menyelesaikan masalah.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.