Karena pandemi Covid-19, berbagai aspek kehidupan sehari-hari kita telah terpengaruh secara parah. Pendidikan salah satu contoh terbesar. Kami semua telah duduk di rumah kami dan berdoa agar bencana ini berakhir. Sejak dua tahun terakhir, kami telah mengalami perubahan yang berbeda, dan sistem pendidikan online adalah yang utama. Duduk di rumah di depan komputer dan bermain-main telah menjadi sorotan utama dari sistem pendidikan modern ini. Belajar online adalah salah satu hal yang dicerna secara bertahap oleh orang tua, guru, dan siswa, tetapi mengikuti ujian online adalah tantangan besar dan kemunduran besar untuk pengujian otentik siswa.

Siswa dari seluruh dunia memuji pendidikan online dan keputusan ujian, tetapi tepuk tangan ini hanya karena ketidakdewasaan pikiran mereka dan ketidakpastian. Orang-orang dari seluruh dunia, terutama pakar pendidikan, memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang ujian online. Ada keuntungan dan kerugian dari keputusan ini, dan dalam posting ini, kami akan mencantumkan pro dan kontranya.

Pengaruh Positif dan Negatif pada Ujian online

Aspek positif dari ujian online!

Sebelum kami memberi tahu Anda tentang negatif dari ujian online, kami ingin Anda membahas kelebihannya.

  • Anda bisa menghemat kertas!

Sistem ujian tradisional didasarkan pada kertas dan pena. Menurut statistik terbaru, lebih dari satu miliar ton kertas dicetak setiap tahun untuk ujian. Ini hanyalah statistik untuk kertas pertanyaan, dan lembar jawaban memiliki rasio berbeda yang pasti akan membuat Anda terpana. Kita semua akrab dengan fakta dasar bahwa kertas terbuat dari bass pohon, dan jika kertas banyak ini dikonsumsi, kita menebang pohon dengan gila-gilaan. Pemeriksaan online akan menghentikan deforestasi atau setidaknya akan menurunkannya.

  • Anda dapat menghemat waktu!

Waktu lebih berharga dari apapun di dunia ini. Ujian online dapat menghemat banyak waktu yang terbuang percuma dalam sistem tradisional. Anda dapat mengatur ujian agar dinilai secara otomatis dengan alat yang disempurnakan dengan AI, dan Anda dapat menghilangkan semua kerumitan mencetak, mendistribusikan, mengumpulkan, memeriksa, dan kemudian menilai kertas. Dengan pemeriksaan online dan pemeriksa plagiarisme, Anda dapat menghemat ribuan jam setiap tahun.

  • Ini menghemat uang Anda!

Ujian online hampir gratis. Anda tidak perlu membeli kertas untuk mencetak atau alat tulis untuk mengisi kertas. Biaya logistik juga dihemat, dan setiap orang dapat mengelola kertas pertanyaan mereka selama tinggal di rumah. Guru juga dapat menggunakan alat pemeriksa plagiarisme gratis seperti yang dibuat oleh SmallSeoTools untuk memastikan bahwa tidak ada yang menduplikasi konten dari web.

  • Ini lebih aman!

Daripada membuang-buang waktu membuat satu makalah pertanyaan dan mencetak ribuan salinan, guru dapat dengan mudah membuat beberapa makalah pertanyaan untuk kelompok siswa yang berbeda. Ini menambah keamanan dan kejelasan lebih pada sistem ini. Pemilihan pertanyaan secara acak dapat mengejutkan siswa, dan mereka dapat dengan mudah gagal dalam menyontek satu sama lain. Kecurangan antara lembar jawaban yang berbeda juga dapat diperiksa dengan menggunakan alat pemeriksa plagiarisme online!

Ujian Online Selama Pandemi
Ujian Online Selama Pandemi

Negatif dari sistem ujian online!

Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa aspek positif dari ujian online, kami juga ingin Anda mengetahui kekurangannya.

  • Siswa dapat memperoleh bantuan dari sumber online!

Saat siswa memberikan ujian di perangkat mereka sendiri sambil duduk di rumah, mereka dapat menyontek dari sumber web. Makalah pertanyaan pasti dapat diputar, tetapi Anda harus mempertimbangkan informasi yang tersedia di web, yang terbuka untuk siswa. Guru dapat memberikan upaya ekstra untuk mempersiapkan pertanyaan yang tidak dapat dengan mudah ditemukan di web dan buku referensi. Menambahkan pengatur waktu ke pertanyaan juga bisa membantu.

  • Penilaian otomatis tidak akurat!

Tidak peduli seberapa banyak kami memuji sistem AI, Anda tidak boleh lupa bahwa pikiran manusia jauh lebih unggul dari teknologi lainnya. Memeriksa ujian online dengan alat digital pasti dapat menghemat waktu dan uang Anda, tetapi juga memengaruhi keakuratan dan keandalan hasil. Misalnya, hasil yang dihasilkan oleh pemeriksa plagiarisme gratis dan pemeriksa plagiarisme berbayar akan berbeda untuk konten yang sama. Ini menambah ambiguitas pada hasil, yang merupakan kelemahan besar dari sistem ini.

  • Ujian online bisa menjadi mangsa penipuan!

Sistem online dapat dengan mudah diretas, dan kita semua tahu tentang itu. Siswa dapat dengan mudah menyewa peretas dan membayar mereka untuk mengambil kunci kertas pertanyaan sebelum masuk ke ruang ujian virtual. Dibandingkan dengan ujian tradisional, Anda harus tahu bahwa ujian online dapat memiliki 70% lebih banyak peluang penipuan / kecurangan dan penipuan siswa. 

Untuk mendapatkan bantuan dan menambahkan sedikit nilai pada sistem ujian online, kami sarankan Anda memilih alat online yang tepat untuk penilaian. Pemeriksa plagiarisme dapat memberi Anda banyak bantuan dalam hal ini, tetapi syaratnya adalah memilih yang paling dapat diandalkan!