Ultimate Guide Facebook Ads untuk Pemula
panduan facebook ads
Panduan facebook ads untuk pemula

Ultimate Guide Facebook Ads untuk Pemula

Jika Anda pengguna Facebook, maka tak asing lagi dengan timeline yang berisikan sponsor. Siapapun bisa melakukannya termasuk Anda untuk mempromosikan produk dan jasa ke pangsa pasar yang tepat dan lebih tertarget menggunakan fitur Facebook Ads.

Berikut ini 12 tips menjalankan iklan di facebook untuk membangun promosi secara retail :

1. Evolusi Periklanan di Facebook

Memasang iklan di Facebook merupakan suatu evolusi di dunia internet marketing. Melalui facebook Ads, Anda dapat mengekspansi beragam tipe iklan yang berbeda, termasuk kepada siapa Anda mengiklankannya secara lebih tertarget.

Tak heran ketika suatu data menunjukkan bahwa rata-rata 35% brand dengan strategi Cost per Click (CPC) menggunakan periklanan di Facebook.

2. Yang Diharapkan dari Facebook Ads

Dengan beriklan facebook ads, jangkauan ke pemirsa diharapkan menjadi luas, dengan tingkat konversi yang tinggi. Tipe konversi tergantung target Anda dan tujuan kampanye yang Anda atur.

Anda harus membayar biaya iklan untuk mendapatkan hasil yang baik. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa postingan organik juga bisa menjadi viral.

3. Mengatur Facebook Campaign

Atur kampanye di facebook sesuai tujuan Anda, seperti dua tujuan di bawah ini yaitu antara lain :

  • Untuk peningkatan brand awarness. Cara yang bisa dilakukan yaituFokus pada konten dengan engagement tinggi, like dan membuat orang tergelitik untuk berkomentar.
  • Untuk mendapatkan konversi melalui respon secara langsung. Cara yang dapat Anda lakukan yaitu fokus pada konvergensi, penargetan kembali, dan membangun pemirsa yang serupa.

4. Memperoleh Engagement Lebih Banyak

Konten dengan tingkat engagement tinggi akan membentuk komunitas pada page Anda. Dengan tingginya tingkat engagement akan membuat konten Anda semakin sering tampil pada news feed paling atas, dan menempel disana. Menarik!

5. Format Iklan Terbaik untuk Konversi

Jangkauan pemirsa sudah luas, idealnya diiringi dengan konversi yang tinggi. Berikut merupakan format Iklan terbaik untuk meningkatkan konversi yaitu :

  • Multiple Adding Image Unit
  • Dynamic Product Ads

Kedua format bekerja dengan baik, karena dapat membawa pemirsa ke URL produk Anda.

6. Dominasi Mobile Ads dengan Facebook

Data menyebutkan bahwa banyak pemirsa Facebook yang membukanya melalui ponsel genggam daripada melalui desktop, tingkat konversinya pun lebih tinggi. Informasi ini dapat Anda manfaatkan untuk lebih menyasar target yang menggunakan ponsel genggam.

7. Menstruktur Promosi untuk Remarketing

Demi efektivitas iklan Anda, targetkan pemirsa yang benar-benar melihat produk. Atur waktu iklan dengan pengaturan untuk menyasar target pemirsa yang telah melihat produk 3 hari terakhir, 5 hari, dan 10 hari. Atur pula kampanye iklan yang berbeda sesuai target pemirsa. Buatlah terorganisir dan hindari overlap.

8. Penargetan Secara Demografi

Definisikan area demografi pada pengaturan iklan sesuai pemirsa lokasi tertarget. Gunakan Power Editor untuk menyalin dan mengedit iklan secara mudah.

9. Apa yang Membuat Kalimat Promosi Bagus

Buatlah kalimat promosi yang dapat menyentuh pemirsa target iklan Anda. Manusiakan pemirsa facebook, mereka tidak ingin dijadikan target jualan.

Buat konten dengan tingkat engagement tinggi karena hal tersebut dapat mengurangi biaya Cost per Click Anda. Pertimbangkan pula membuat video untuk iklan karena bisa mendapatkan jangkauan organik yang lebih besar.

10. 2 Tipe Facebook Pixel

Ada 2 tipe dari facebook pixel, yaitu :

  • Custom Audience Pixel : Mengizinkan Anda untuk menargetkan kembali pemirsa berdasarkan kombinasi yang berbeda dari URL Anda dan dimana pemirsa berada.
  • Facebook Conversion Pixel : Akan mengizinkan Anda untuk mengetahui hasil konversi.

Kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan kedua jenis pixel tersebut.

11. Tipe Gambar

Semakin engage foto yang Anda sajikan, semakin tinggi tingkat klik-nya. Gunakanlah foto sesuai gaya hidup target market untuk menjelaskan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

12. Penargetan Kembali

Pemirsa yang telah melihat produk 3 hari yang lalu atau lebih, cenderung merupakan target market yang tepat.

Pilih kampanye facebook menggunakan Dynamic Products Ads, sehingga pemirsa dengan keranjang belanja yang ditinggalkan, dapat diingatkan kembali tentang produk tersebut ketika mereka login ke akun Facebook. Mereka juga bisa ditawarkan kupon atau voucher diskon untuk membuat mereka melakukan pembelian. Kesuksesan di penjualan tampak dari titik harga yang berbeda.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.