Video Marketing: Data dan Cara Kerjanya
Share:
tips trik optimasi video marketing
Cara optimasi video marketing

Video Marketing: Data dan Cara Kerjanya

Tren kebangkitan konten video dimulai semenjak 2016, dimana terdapat milliaran pemirsa setiap harinya yang menonton video melalui platform media sosial seperti Facebook, YouTube, Netflix dan Amazon.

Simak fakta dan data mengejutkan di bawah ini terkait Video Online dan Video Marketing :

  • 55% pengguna Internet menonton video setiap hari
  • 50% video online kini mencatat 50% dari keseluruhan trafik di ponsel genggam
  • 78% pengguna internet menonton video setiap minggu
  • Pada 2016, video online tercatat memenuhi 64% dari lalu lintas internet, dan akan berkembang pesat di tahun – tahun berikutnya
  • 85% responden yang menggunakan video marketing menyebutkan bahwa cara ini sangat sukses
  • 52% marketers mempercayai bahwa video marketing sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan jumlah lead (45%), dan memperoleh engagement secara online (42%)
  • 81% marketers menampilkan video pada website mereka
  • 41% lalu lintas web ialah berdasarkan pencarian daripada pengguna non-video
  • Video sosial menghasilkan 1200% shares atau yang lebih dibagikan oleh pemirsa, daripada konten berisi foto dan tulisan
  • 70% pemasar mengklaim bahwa video menghasilkan tingkat konversi lebih besar daripada konten lainnya
  • Rata-rata tingkat konversi web yang menggunakan video ialah 4.8%, dibandingkan yang tidak menampilkan video memiliki tingkat konversi rata-rata 2.9%
  • Konsumen 4x lipat lebih menyukai menonton video tentang suatu produlk, dibandingkan membacanya

Simpulan:

Jadikan Video Konten Marketing ini sebagai investasi pada bisnis Anda

9 Tips Video Marketing yang Akan Sukses

1. Atur Budget

Pembuatan video marketing adalah investasi yang perlu dipertimbangkan secara masak. Atur budget dan hitung investasi yang diperlukan termasuk hitung pula target pengembalian investasi ini. Manajemen sumber daya manusia juga merupakan hal yang penting untuk pembuatan video.

2. Kembangkan Kisah yang Menarik

Video tak lepas dari kisah. Brainstorming kisah dengan ide – ide kreatif, dan bagaimana video ini dapat menyampaikan pesan yang tepat untuk pemirsa Anda.

3. Disiplin pada Jadwal

Miliki lebih dari satu video, dan unggah berkala secara rutin sesuai jadwal. Dengan cara ini Anda akan memperoleh pemirsa yang akan menonton secara rutin, dan ini akan membawa kepada kesuksesan jangka panjang.

4. Unggah Stories Setiap Saat

Manfaatkan fitur stories, seperti Instagram Stories, Facebook Stories, WhatsApp stories untuk menyampaikan sesuatu yang ingin Anda sampaikan. Pastikan tim yang Anda miliki menyebarkannya kepada target pemirsa Anda.

5. Gunakan Video pada Landing Page

Data menunjukkan bahwa penyematan video pada Landing Page dapat meningkatkan konversi sebesar 80% bahkan lebih. Pada Landing Page, gunakan video dengan durasi lebih pendek dan pastikan video tersebut mencamtukan call to action yang jelas.

6. Durasi Video yang Ideal

Durasi video yang ideal ialah 60 detik untuk mayoritas video Anda. Alasannya sederhana yaitu total engagement dapat menurun pada video dengan durasi yang lebih panjang.

7. Facebook Video

Facebook video menghasilkan engagement yang lebih tinggi, terutama untuk video yang lebih emosional. Ciptakan respon lebih pada konten di facebook daripada platform lainnya.

8. Lakukan SEO pada Video

Optimasikan video Anda pada mesin pencari sehingga bisa muncul pada halaman pertama pencarian, dengan 4 langkah sebagai berikut :

  • Susun strategi SEO dan masukkan kata kunci pada video Anda
  • Pastikan tag yang relevan telah ditambahkan pada video
  • Gunakan kata kunci yang fokus minimal 1 pada judul dan deskripsi video
  • Selalu tampilkan link tambahan pada deskripsi video, seperti informasi kontak, penawaran spesial, promosi, acara, dan lain sebagainya

9. Unggah Video di Berbagai Tempat

Video Anda sudah siap tayang? Pastikan untuk mengunggahnya di berbagai platform di media sosial. Baik unggah secara gratis maupun yang berbayar.

Selamat berkreasi pada video bisnis Anda ๐Ÿ™‚

Share:
Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Menu