Madu merupakan bahan makanan yang mempunyai banyak khasiat atau manfaat yang baik untuk tubuh. Seringkali madu dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit, seperti diare, asma, batuk, dan lain sebagainya. Rasa yang dimiliki madu sangat manis dan tentunya lezat.

Meskipun madu dapat dikonsumsi secara bebas, namun sebaiknya Anda jangan sesuka hati dalam mengkonsumsi madu. Konsumsi madu secara berlebih justru akan memunculkan resiko pada kesehatan. Selain itu, untuk memperoleh hasil yang maksimal terdapat waktu yang terbaik dalam meminum madu.

3 Aturan Minum Madu yang Benar

Untuk mengetahui waktu terbaik dalam mengkonsumsi madu, sebaiknya Anda juga paham tentang aturan minum madu yang benar. Berikut penjelasan mengenai 3 aturan minum madu yang benar:

Cari madu asli tanpa zat tambahan? iHoney jawabannya, madu murni dari spesies lebah Eropa yang dikenal cerdas, Apis Mellifera. Terjamin! Lebah kami alami tidak diberi makan gula atau suplemen lainnya, diproses secara alami tanpa dimasak atau dipanaskan, sehingga kandungan bee polen, royal jelly, enzim, vitamin, mineral dan nutrisi dalam madu tetap utuh.

Memperhatikan Takaran

Manisnya madu cenderung lebih aman dibandingkan dengan gula biasa. Akan tetapi, madu juga bisa mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat. Penting sekali bagi Anda yang ingin mengkonsumsi madu untuk memperhatikan kandungan gula di dalamnya.

Konsumsi gula secara berlebih dapat mengakibatkan penyakit diabetes. Apalagi pada saat ini banyak produksi madu yang telah dicampur dengan tambahan gula. Oleh sebab itu, dalam mengkonsumsi madu Anda harus benar-benar mengikuti takaran yang telah ditentukan.

Waktu Terbaik

Sebenarnya madu dapat dikonsumsi kapan saja. Akan tetapi, pakar kesehatan lebih menyarankan mengkonsumsi madu pada pagi hari. Waktu yang paling baik dan tepat untuk mengkonsumsi madu adalah pagi hari saat perut masih kosong atau sebelum sarapan.

Di dalam perut madu mengalami interaksi dengan enzim secara maksimal. Madu dapat menunjang kegiatan yang dilakukan otak serta tubuh. Dengan begitu, minum madu di pagi hari menjadikan tubuh memperoleh energi lebih.

Manfaat Konsumsi Madu Di Pagi Hari
Manfaat Konsumsi Madu Di Pagi Hari

Minum madu di pagi hari juga membuat hormone serotonin mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, kesehatan mental dan suasana hati akan terdukung secara signifikan.

Tidak Cocok untuk Bayi Kurang dari 1 Tahun

Pakar kesehatan tidak menyarankan madu untuk diberikan kepada bayi yang berusia di bawa 1 tahun. Hal tersebut dikarenakan madu dapat mengakibatkan penyakit botulisme pada bayi. Botulisme adalah penyakit yang dikarenakan oleh racun spora Clostridium botulinum.

Manfaat Madu di Pagi Hari

Madu yang diminum kapan saja sebenarnya tetap memberikan manfaat. Akan tetapi, manfaat madu akan lebih optimal apabila dikonsumsi pagi hari sebelum sarapan. Berikut beberapa manfaat meminum madu di pagi hari:

  1. Membuat Kulit Bersih

Madu mempunyai kandungan antioksidan yang cukup baik. Mengkonsumsi madu secara rutin di pagi hari dapat membersihkan racun dalam tubuh. Dengan begitu, kulit Anda menjadi lebih bersih, halus, dan sehat.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tidak ada kandungan kolesterol dalam madu. Justru madu memiliki kandungan berbagai vitamin yang mampu membuat kadar kolesterol turun. Mengkonsumsi madu sebelum melakukan sarapan dapat menyebabkan kadungan dalam madu terserap dengan baik oleh tubuh.

  1. Menyehatkan Jantung

Antioksidan yang dimiliki madu bisa mencegah penyempitan pembuluh darah dari arteri. Penyempitan pembuluh darah merupakan salah satu hal yang memicu terjadinya serangan jantung. 

Madu Murni Baik Untuk Kesehatan Tubuh
Madu Murni Baik Untuk Kesehatan Tubuh
  1. Membuat Tidur Nyenyak

Kadar insulin yang berguna untuk melepaskan serotonin dapat naik karena adanya kandungan gula pada madu. Serotonin akan dibuat menjadi melatonin yang merupakan hormon untuk memicu tidur seseorang lebih nyenyak.

  1. Memperkuat Daya Ingat

Selain menyehatkan kulit dan mencegah serangan jantung, antioksidan dalam madu juga bisa membuat daya ingat atau memori lebih kuat. Selain itu, kandungan kalsium pada madu yang gampang diserap dapat meningkatkan fungsi otak.

Khasiat yang dimiliki madu sangat banyak dan bagus untuk tubuh. Mengkonsumsi pada waktu yang tepat akan menjadikan manfaat madu bekerja lebih optimal. Ingat, lebih baik mengkonsumsi madu di pagi hari, saat perut Anda masih kosong!

Tagged in:

,