Wallpaper Dinding untuk Rumah Tinggal? Ini Plus Minusnya
ilustrasi wallpaper dinding rumah
ilustrasi wallpaper dinding rumah

Wallpaper Dinding untuk Rumah Tinggal? Ini Plus Minusnya

Memilih cat dinding atau wallpaper, selalu menjadi dilema besar bagi pemilik rumah baru. Karena di antara keduanya, selalu ada dua sisi yang berbeda, kelemahan dan kekuatan.

Cara termudah memilih hal ini sebenarnya cukup sederhana, yakni dengan mengenali karakteristik masing-masing produk. Semakin Anda mengenali karakternya, akan semakin mudah menentukan pilihan.

Apa Itu Wallpaper Dinding?

Kertas dinding merupakan salah satu materi desain interior yang dimanfaatkan seorang desainer untuk mempercantik dinding rumah. Selain digunakan oleh tangan para ahli, wallpaper banyak dipasang secara personal oleh pemilik rumah. 

Menemukan wallpaper dinding cukup mudah dan proses pemasangannya pun bisa dipelajari dari berbagai channel YouTube atau situs internet. Sama seperti memilih cat dinding, memilih wallpaper pun harus dilakukan ekstra hati-hati. Jika memungkinkan pastikan terlebih dahulu konsep desain interior yang akan diaplikasikan sebelum pasang wallpaper.

Lihat contoh wall decor lebih lengkap di Casanesia

Kelemahan VS Kelebihan Wallpaper

Sebelum mencari tahu karakter positif dan negative dari cat dinding, coba Anda simak terlebih dahulu apa saja pro kontra memilih wallpaper dinding di rumah? 

Kertas Mudah Terkelupas

Wallpaper memiliki karakter yang bertolak belakang dengan cat tembok. Sayangnya karena dibuat dari kertas, menggunakan wallpaper harus ekstra hati-hati. Supaya kertas dinding tidak robek lantas terkelupas. Proses pemasangan harus dilakukan dengan baik supaya tidak ada bagian yang tidak rapat dan melekat sempurna. 

Dijual Lebih Mahal

Bila dibandingkan dengan cat dinding, wallpaper jauh lebih mahal. Produk ini dijual per roll, berbeda dengan cat yang dijual per kaleng. Jika tidak bisa memasang wallpaper sendiri, Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi karena harus menggunakan jasa pemasangan wallpaper.

Butuh Perawatan Ekstra

Belakangan ini banyak produsen cat tembok yang menawarkan cat anti kotor yang nodanya bisa dihapus cukup dengan air. Berbanding terbalik dengan wallpaper yang akan tetap kotor saat Anda tidak sengaja menumpahkan sesuatu. 

Mudah Berjamur dan Berbekas

Setiap orang memiliki batas kebosanan yang berbeda, terkadang saat merasa bosan Anda ingin melakukan hal baru seperti mengganti wallpaper dinding. Ironisnya saat proses pengelupasan wallpaper, ada bekas kertas yang akan selalu tertinggal di dinding rumah Anda. Kelemahan lainnya, wallpaper juga mudah sekali dihinggapi oleh jamur.

Memiliki Banyak Pilihan Warna dan Motif

Anda yang lebih suka melihat dinding dengan warna-warni indah dan motif unik, akan menyukai konsep wallpaper. Karena wallpaper sengaja diproduksi polos atau bermotif untuk meningkatkan daya beli konsumen. 

Lebih Awet

Meskipun rentan rusak jika terkelupas, faktanya memasang wallpaper membantu Anda menghemat lebih banyak uang. Wallpaper mampu bertahan maksimal 2 tahun sementara batas usia cat dinding jauh lebih pendek. 

Memberikan Edukasi Pada Anak

Motif wallpaper belakangan ini dibuat lebih kreatif bahkan banyak yang mengedukasi anak. Anda bisa memesan secara khusus wallpaper untuk dinding rumah, seperti wallpaper pengenalan huruf dan angka. Atau wallpaper edukasi menarik lainnya. 

Dengan memahami karakteristik dari wallpaper setidaknya Anda bisa lebih mudah memilih antara wallpaper dan cat dinding, bukan? pilih dengan bijaksana dan pastikan cari lebih banyak informasi mendukung lainnya.

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.